Chevron Buka Ruang Data untuk Seleksi Pengganti di Proyek IDD Tahap II

Image title
7 Agustus 2020, 13:44
Ilustrasi, logo Chevron. Chevron Pacific Indonesia mengatakan telah membuka ruang data untuk membuka ruang diskusi seleksi penggantinya di proyek IDD tahap II.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo Chevron. Chevron Pacific Indonesia mengatakan telah membuka ruang data untuk membuka ruang diskusi seleksi penggantinya di proyek IDD tahap II.

PT Chevron Pacific Indonesia tengah mencari pengganti operator di proyek minyak dan gas (migas) laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD) tahap II. Salah satunya caranya adalah membuka ruang data atau data room untuk mengidentifikasi mitra potensial.

Manager Corporate Communication Chevron Pacific Indonesia Sonitha Poernomo, mengatakan Chevron Rapak, Ltd. (CRL) selaku operator telah membuka ruang data untuk memfasilitasi diskusi identifikasi mitra yang akan menggarap proyek IDD tahun ini. Meski begitu ia tak membeberkan progress pencarian mitra.

Advertisement

"Pada saat ini belum ada keputusan akhir mengenai diskusi tersebut," kata Sonitha kepada Katadata.co.id, Jumat (7/8).

Salah satu kandidat kuat yang bakal menggantikan posisi Chevron Pacific Indonesia di proyek IDD adalah perusahaan migas asal Italia, ENI S.p.A. Namun sesuai kebijakan, perusahaan tidak dapat memberikan informasi terperinci terkait negosiasi komersial.

Namun, saat ini perusahaan terus berdiskusi dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan mitra potensial untuk membantu merealisasikan potensi proyek IDD. Sebab Chevron Pacific Indonesia meyakini proyek tersebut akan memiliki nilai lebih untuk operator lain.

Chevron Pacific Indonesia telah memberikan sinyal akan melepas IDD tahap II karena menilai proyek tersebut tidak masuk secara hitungan keekonomian.

Sonitha mengatakan proyek IDD tahap II tidak dapat bersaing dengan portofolio global Chevron Pacific Indonesia untuk mendapatkan modal. Saat ini perusahaan menyatakan tengah mengevaluasi alternatif strategis untuk kepemilikan dan pengoperasian 62% sahamnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement