BP Jamsostek Baru Himpun 4,4% Rekening Pekerja Penerima BLT Rp600 Ribu

Dimas Jarot Bayu
10 Agustus 2020, 19:36
Ilustrasi, pekerja pabrik. BP Jamsostek baru mengantongi 700.000 nomor rekening calon penerima subsidi upah pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta.
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Ilustrasi, pekerja pabrik. BP Jamsostek baru mengantongi 700.000 nomor rekening calon penerima subsidi upah pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau BP Jamsostek baru memiliki 700 ribu nomor rekening calon penerima subsidi upah pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Jumlah tersebut baru hanya 4,4% dari total penerima bantuan subsidi upah pekerja yang ditargetkan 15,72 juta orang.

"Sekarang sudah terkumpul 700 ribu rekening, mungkin dalam satu hari ini kami berkeyakinan angkanya mendekati 1 juta rekening," kata Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/8).

Agus mengatakan pihaknya belum bisa mengumpulkan seluruh nomor rekening calon penerima bantuan subsidi upah pekerja, karena tidak termasuk dalam data kepesertaan BP Jamsostek.

Selama ini data kepesertaan BP Jamsostek hanya berupa nama, alamat, asal perusahaan, gaji, serta nilai iuran yang harus dibayar. Oleh karena itu, ia lantas meminta agar perusahaan bisa berperan aktif melaporkan nomor rekening para pekerjanya.

BP Jamsostek juga meminta agar perusahaan memutakhirkan data kepesertaan para pekerjanya, sebab ada beberapa perusahaan yang belum melaporkan seluruh pekerjanya. Selain itu, ada juga perusahaan yang tidak melaporkan nominal gaji pekerjanya dengan benar.

"Saat ini adalah waktu yang tepat untuk kita lakukan pembenahan, untuk bertransformasi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...