SKK Migas Pastikan Tumpahan Minyak Pulau Pari Bukan dari Pertamina

Image title
12 Agustus 2020, 18:40
Ilustrasi, tumpahan minyak. SKK Migas memastikan bahwa tumpahan minyak yang mencemari Pulau Pari di Kepulauan Seribu bukan berasal dari fasilitas Pertamina.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, tumpahan minyak. SKK Migas memastikan bahwa tumpahan minyak yang mencemari Pulau Pari di Kepulauan Seribu bukan berasal dari fasilitas Pertamina.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memastikan tumpahan minyak yang mencemari Pulau Pari, Kepulauan Seribu bukan berasal dari fasilitas milik PT Pertamina. Saat ini, investigasi terhadap sumber tumpahan minyak ini akan terus dilakukan.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan pihaknya telah meminta konfirmasi terkait tumpahan minyak tersebut kepada Pertamina. Namun, perusahaan pelat merah tersebut memastikan bahwa tumpahan minyak bukan berasal dari lapangan migas yang dikelolanya.

Advertisement

"Mungkin kapal-kapal yang lewat perairan tersebut membuang muatan sampahnya atau membersihkan deck, yang membuat kotoran bekas minyak tumpah ke laut," kata Julius kepada Katadata.co.id, Rabu (12/8).

Senada, VP Relations Pertamina Hulu Energi (PHE) Ifki Sukarya menyampaikan berdasarkan catatan operasional, PHE OSES dan PHE ONWJ telah melakukan pengecekan di lapangan. Namun hingga kini pihaknya belum mengetahui secara pasti darimana tumpahan minyak tersebut berasal.

“Kami pastikan mengerahkan seluruh anak perusahaan yaitu PHE OSES dan PHE ONWJ melakukan pengecekan di lapangan," ujar dia.

Selain mengecek langsung, tim lapangan juga berdasarkan permintaan Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kabupaten Kepulauan Seribu telah mengambil sampel ceceran untuk kemudian dilakukan finger print test untuk mengecek asal tumpahan minyak.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement