Tolak RUU Omnibus Law, Buruh Bakal Gelar Demo 25 Agustus

Image title
18 Agustus 2020, 10:36
Ilustrasi, aksi unjuk rasa buruh menolak RUU Omnibus Law. Buruh bakal kembali menggelar aksi unjuk rasa menolak pembahasan RUU Omnibus Law.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Ilustrasi, aksi unjuk rasa buruh menolak RUU Omnibus Law. Buruh bakal kembali menggelar aksi unjuk rasa menolak pembahasan RUU Omnibus Law.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengancam akan kembali melakukan aksi demonstrasi menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja pada 25 Agustus. Aksi unjuk rasa tersebut rencananya akan digelar serentak di berbagai provinsi dengan melibatkan ribuan demonstran.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan aksi unjuk rasa dilakukan untuk menuntut membatalkan RUU Omnibus Law dan menolak adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Ia pun mengancam akan mengerahkan gelombang aksi massa yang lebih besar jika tuntutannya tidak dipenuhi.

Advertisement

"Masa depan dan hak-hak kami akan dikorbankan dengan adanya Undang-undang sapu jagat itu,” kata Iqbal dalam siaran pers, Senin (17/8).

Menurutnya dalam beleid RUU Omnibus Law terdapat sejumlah pasal yang merugikan dan berpotensi melucuti hak-hak masyarakat, tidak hanya para pekerja. Aksi demonstrasi ini pun bakal diikuti oleh berbagai elemen masyarakat yang merasa dirugikan akibat adanya aturan ini.

Adapun beberapa provinsi dan kota yang bakal melakukan aksi demonstrasi seperti Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bengkulu, Batam, Lampung, Banjarmasin dan Riau. Kemudian, di Samarinda, Gorontalo, Makasar, Manado, Kendari, Mataram, Maluku, Ambon dan Papua.

"Wilayah Jawa aksi akan dilakukan di Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Banten di Serang, Jawa Tengah di Semarang, Jawa Timur di Gedung Grahadi Surabaya,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement