Pemerintah Beri Empat Bantuan untuk Memacu UMKM di Masa Pandemi

Image title
18 Agustus 2020, 16:47
Ilustrasi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah telah menjalankan empat langkah untuk membantu pelaku UMKM semakin berkembang.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Ilustrasi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah telah menjalankan empat langkah untuk membantu pelaku UMKM semakin berkembang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemerintah telah mencanangkan empat langkah demi mendorong maju pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini dilakukan agar UMKM bisa unjuk kemampuan dan tak tergilas oleh perusahaan-perusahaan skala besar.

"Langkah pertama adalah melatih atau mendidik para pelaku UMKM dalam hal branding dan kemampuan teknis lainnya, termasuk memanfaatkan ekosistem baru seperti digital," kata Erick dalam virtual conference, Selasa (18/8).

Advertisement

Langkah berikutnya adalah membuka akses pasar lebih luas kepada pelaku UMKM melalui kerja sama antar lembaga. Seperti yang dilakukan oleh Kementerian BUMN bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Kerja sama dengan Kemenkop UKM juga dilakukan berupa pemberian pelatihan. Nantinya Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM melalui Smesco Indonesia akan memberikan pelatihan dan kemudian untuk pemasaran produk UMKM diserahkan ke BUMN.

Peran BUMN untuk membuka akses pasar ini terwujud dari langkah PT Sarinah mempromosikan produk-produk UMKM. Erick menjelaskan upaya pembukaan akses ini tidak terbatas untuk pasar dalam negeri saja, melainkan juga ke luar negeri atau ekspor.

Ketiga, pemerintah memastikan keberpihakan kepada pelaku UMKM melalui bantuan pembiayaan untuk memperbesar kapasitas usaha. Upaya ini dilakukan melalui bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Bank-bank BUMN sepanjang semester I 2020 telah menyalurkan kredit atau pembiayaan kepada pelaku UMKM sebesar Rp 662,1 triliun. Dari jumlah tersebut, bank yang paling banyak menyalurkan kredit adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Halaman:
Reporter: Agung Jatmiko, Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement