Dorong Pengusaha Wanita Ekspor, Kemendag Gandeng Badan Dagang Kanada

Rizky Alika
19 Agustus 2020, 11:20
Ilustrasi, pelaku usaha wanita. Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali jalion kerja sama dengan Trade Facilitation Office Kanada untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha Indonesia, khususnya pengusaha wanita.
ANTARA FOTO/Fauzan/nz
Ilustrasi, pelaku usaha wanita. Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali jalion kerja sama dengan Trade Facilitation Office Kanada untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha Indonesia, khususnya pengusaha wanita.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melanjutkan kerja sama pembinaan dan promosi ekspor dengan Trade Facilitation Office (TFO) Kanada. Langkah kerja sama ini dilakukan untuk mendukung pengembangan kapasitas ekspor pelaku usaha Indonesia, khususnya pelaku usaha perempuan.

"Pelaku usaha harus dapat memaksimalkan kerja sama dengan negara mitra untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia, khususnya pada masa pandemi virus corona atau Covid-19,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam siaran pers, Rabu (19/8).

Advertisement

Menurutnya kerja sama dengan TFO Kanada perlu dilanjutkan, agar manfaat dirasakan lebih besar oleh pelaku usaha Indonesia. Nantinya, para pelaku usaha perempuan juga dapat melakukan ekspor ke pasar Kanada dan menjangkau pasar ekspor lainnya.

Adapun, kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani secara virtual oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Kasan dan Direktur Eksekutif TFO Kanada Steven Tipman pada Selasa (18/8).

Agus menilai kerja sama dengan TFO Kanada memberikan dampak yang signifikan kepada Indonesia, serta menandai era baru karena pembinaan, promosi dan penjajakan kesepakatan dagang (business matching) akan dilakukan secara virtual.

TFO Kanada merupakan organisasi non-profit yang membantu negara berkembang melalui penyediaan informasi, konsultasi dan kontak kepada para calon eksportir untuk memasuki pasar Kanada.

Sebelumnya, kerja sama Ditjen PEN dengan TFO Kanada telah terjalin pada 2015-2018 dan memberi manfaat pada pengusaha. Manfaat tersebut antara lain keikutsertaaan pelaku usaha Indonesia dalam workshop Exporting to Canada, SIAL Food 2015 di Toronto, market familiarization program dan kegiatan peningkatan kapasitas.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan menyampaikan pihaknya dan TFO Kanada sepakat mendukung promosi ekspor Indonesia. Kegiatan ini mencakup perdagangan produk dan jasa, dengan fokus pada pelaku usaha wanita Indonesia.

Kemudian kerja sama juga meliputi kegiatan pengembangan pasar dan promosi produk, baik barang maupun jasa dengan memanfaatkan metode promosi inovatif, seperti pameran virtual. Selain itu, juga mencakup informasi di bidang pengembangan ekspor dan peluang terkait perdagangan lainnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement