Kemenperin Susun Panduan Produksi Sektor Pangan di Era Normal Baru

Image title
21 Agustus 2020, 06:37
Ilustrasi, aktivitas produksi industri makanan dan minuman. Kementerian Perindustrian menyusun buku panduan produksi industri pangan di era normal baru.
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Ilustrasi, aktivitas produksi industri makanan dan minuman. Kementerian Perindustrian menyusun buku panduan produksi industri pangan di era normal baru.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merilis buku panduan produksi industri makanan dan minuman di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Penyusunan panduan ini diharapkan dapat mendorong laju pertumbuhan produksi sektor tersebut di era normal baru.

"Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kemenperin telah menyusun buku yang bertajuk Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Industri Pangan. Tujuannya agar bisa menjadi panduan bagi industri pangan dalam melaksanakan aktivitas produksinya,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Doddy Rahadi dalam siaran pers, Kamis (20/8).

Doddy menjelaskan dalam era normal baru, tantangan terbesar bagi sektor industri adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan menjalankan protokol kesehatan di lingkungan pabrik dan tempat tinggal pegawai, diharapkan industri dapat tetap beroperasi.

Menurutnya selama ini pedoman-pedoman yang telah dikeluarkan bagi dunia industri dalam menjalankan usaha di masa pandemi Covid-19 masih bersifat umum, sehingga diperlukan pedoman teknis yang spesifik dan implementatif, khususnya bagi industri makanan dan minuman.

Panduan yang dibuat berdasarkan masukan dari Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) ini meliputi hal-hal penting yang perlu disiapkan dan diimplemetasikan oleh industri pangan. Misalnya, pembentukan gugus tugas Covid-19 dan pelaksanaan protokol kesehatan.

Kemudian, penyediaan fasilitas kebersihan diri para karyawan (personal hyigiene), serta protokol sanitasi lingkungan kerja, yang disusun mengikuti alur proses di industri makanan dan minuman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...