Peretasan Situs Tempo.co Dianggap Upaya Pembungkaman Media

Image title
21 Agustus 2020, 11:50
Ilustrasi, digital. Tempo menyebut peretasan situs merupakan upaya pembungkaman media.
123rf
Ilustrasi, digital. Tempo menyebut peretasan situs merupakan upaya pembungkaman media.

Serangan terhadap insan pers Indonesia kembali terjadi, kali ini dalam bentuk peretasan situs salah satu media nasional yaitu Tempo.co. Upaya peretasan atau hacking terjadi pada Kamis (20/8) tengah malam dan terjadi sebanyak dua kali.

Pemimpin Redaksi Tempo.co Setri Yasra mengatakan pihaknya saat ini tengah menelusuri sumber peretasan dan masih berdiskusi secara internal apakah akan menempuh upaya hukum apabila diketahui pelakunya. Ia pun mengaku heran terhadap peretasan ini, karena tidak ada hal yang sangat sensitif dalam pemberitaan akhir-akhir ini.

Advertisement

"Kami menduga ini ulah iseng saja, tapi jika peretasan ini dilakukan dengan motif terkait pemberitaan maka ini keterlaluan. Karena jika ada masalah pemberitaan sebenanya kan sudah tersedia jalur yang elegan yaitu lewat Dewan Pers," kata Setri kepada Katadata.co.id, Jumat (21/8).

Ia menjelaskan bahwa industri pers di Indonesia terus belajar dan tidak ada yang sempurna, sehingga dibutuhkan peran publik untuk mengkoreksi lewat mekanisme yang telah ditentukan. Sehingga, upaya peretasan untuk menghalangi atau mengganggu proses kerja jurnalistik ini ia pandang sebagai cara-cara yang tidak bermutu.

Setri pun tidak mau berspekulasi, namun berkaca pada kejadian-kejadian sebelum ini di mana banyak terjadi peretasan, baik akun media sosial ataupun situs media serta persekusi terhadap jurnalis, sedikit banyak menimbulkan anggapan adanya upaya pembungkaman terhadap kebebasan pers Indonesia.

Jika benar upaya peretasan ini merupakan ulah seseorang atau kelompok tertentu dengan motif membungkam, Setri menganggapnya sebagai kabar buruk bagi kebebasan berpendapat dan pers. Ke depan ia pun berharap negara aktif memberi perlindungan kepada industri pers, termasuk dalam hal perlindungan infrastruktur informasi teknologi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement