Sri Mulyani Sebut Pentingnya Pemerataan Ekonomi Agar Indonesia Maju

Agatha Olivia Victoria
21 Agustus 2020, 14:11
Ilustrasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani menyebutkan petingnya pemerataan ekonomi dan reformasi fundamental di seluruh sektor agar Indonesia maju.
Katadata
Ilustrasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani menyebutkan petingnya pemerataan ekonomi dan reformasi fundamental di seluruh sektor agar Indonesia maju.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai pentingnya pemerataan dalam sebuah negara yang memiliki kekuatan demografi yang besar, seperti Indonesia. Pasalnya, bonus demografi baru bisa dirasakan apabila kualitas sumber daya manusia (SDM) dipersiapkan dengan baik.

Ia menekankan bahwa anak-anak Indonesia yang lahir dengan kondisi sosial berbeda tetap harus diberikan kesempatan yang sama. Pemerataan ini utamanya terwujud dalam dalam hal pendidikan, kesehatan dan jaring pengaman sosial.

"Maka dari itu, seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah harus bisa menikmati pelayanan publik dan menikmati infrastruktur yang sama baiknya," tulis Sri Mulyani dalam akun instagram resminya, Jumat (21/8).

Selain itu, praktik demokrasi juga harus dibangun kuat dengan didukung oleh kerangka hukum dan institusi pemerintah serta swasta yang mumpuni. Itu sebabnya, meskipun dunia sedang dihantam keras oleh pandemi virus corona atau Covid-19, Indonesia harus menggunakan momentum ini untuk mengatasi tantangan jangka pendek.

Indonesia juga diharapkan secara konsisten melakukan perubahan atau reformasi fundamental di seluruh sektor, agar pembangunan tidak jalan di tempat. Selain itu, Sri Mulyani menilai upaya perubahan ini krusial agar harapan Indonesia maju tidak memudar.

"Oleh karena itu, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 telah dipersiapkan untuk menjalankan pemerataan dan reformasi fundamental," katanya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...