Bioskop Segera Dibuka Lagi, Satgas Covid-19 Berikan Empat Catatan

Image title
27 Agustus 2020, 09:11
Ilustrasi, suasana theater biskop. Satgas Penanganan Covid-19 merekomendasikan beberapa langkah terkait rencana pembukaan kembali bioskop.
Katadata
Ilustrasi, suasana theater biskop. Satgas Penanganan Covid-19 merekomendasikan beberapa langkah terkait rencana pembukaan kembali bioskop.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana kembali membuka bioskop setelah sebelumnya ditutup selama kurang lebih lima bulan imbas pandemi virus corona atau Covid-19. Rencana pembukaan bioskop ini telah dilakukan dan dikaji oleh Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihaknya telah melakukan kajian terkait pembukaan kembali bioskop pada masa pandemi corona. Ia menjelaskan bahwa kajian telah dilakukan selama beberapa pekan terakhir terhadap kemungkinan pembukaan dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, sosial dan ekonomi.

Advertisement

Bioskop memiliki karakteristik dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas juga bisa meningkat jika suasana mental atau fisik individu ditingkatkan,” ujar Wiku dalam siaran pers, Rabu (26/8).

Meski demikian, pembukaan aktivitas sosial dan ekonomi seperti bioskop harus tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, serta melalui tahapan pra-kondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah diikuti dengan monitoring dan evaluasi.

Wiku mengatakan dalam pra-kondisi pengelola bioskop diharapkan untuk memastikan terkait kesiapan fasilitas cinema atau theater, fasilitas pendukung dan penyelenggaraan. Selain itu, seluruh pihak juga harus memastikan kesehatan dari masyarakat yang merupakan konsumen bioskop.

Terkait timing, Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan bahwa tidak seluruh bioskop dibuka dalam waktu bersamaan, karena semua aktivitas yang akan dibuka perlu persiapan dan perhitungan yang matang. Sementara pada tahapan prioritas, pelaku yang berkepentingan perlu melihat prioritas sektor maupun dalam konteks fasilitas yang akan dibuka.

Menyikapi rencana pembukaan bioskop, Wiku menjelaskan bahwa tahapan koordinasi pusat dan daerah telah dilakukan ditindaklanjuti oleh setiap pemerintah daerah (Pemda). Hal tersebut ia contohkan dengan pertemuan Satgas Penanganan Covid dengan Pemprov DKI Jakarta yang membahas pembukaan kembali bioskop di wilayah Jakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement