Jubir Presiden: Influencer Berperan Komunikasikan Kebijakan ke Publik

Dimas Jarot Bayu
31 Agustus 2020, 21:19
Ilustrasi, digital. Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyebut influencer berperan penting dalam mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada publik.
123rf
Ilustrasi, digital. Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyebut influencer berperan penting dalam mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada publik.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman membela para pemengaruh (influencer) digital yang selama ini kerap menjadi sorotan publik. Menurutnya para influencer yang termasuk aktor digital memiliki peran penting dalam komunikasi kebijakan publik.

Alasannya, para influencer ini dapat menjadi pihak yang bisa memengaruhi opini publik atau key opinion leader, terutama di era transformasi dan demokrasi digital pada saat ini.

“Para aktor digital yang merupakan key opinion leaders di banyak negara demokrasi sangat aktif mengambil peran penting dalam komunikasi kebijakan publik,” kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/8).

Ia menilai influencer akan menjadi pemain penting dalam perubahan paradigma dari top down strategy menjadi participative strategy. Lewat perubahan paradigma ini, Fadjroel menyebut publik akan berpartisipasi aktif dalam komunikasi kebijakan.

Lebih lanjut, ia menilai peran influencer akan terus berkembang dalam upaya membangun jaringan informasi yang berpengaruh terhadap aktivitas produktif. Hal tersebut pun akan mampu berpengaruh terhadap berbagai aspek sosial, ekonomi dan politik.

Menurut Fadjroel, hal itu senada dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang menginginkan transformasi digital sebagai prasyarat dari tranformasi ekonomi dan demokrasi digital.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...