6 Rekomendasi Wisata Alam Banyuwangi yang Patut Dikunjungi

Image title
10 Maret 2022, 21:29
Ilustrasi, wisata alam Banyuwangi.
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Ilustrasi, wisata alam Banyuwangi.

Semenjak kebijakan PCR dan Antigen dihapuskan dalam perjalanan, ada banyak warga yang ingin melakukan wisata. Salah satu yang patut dilirik adalah wisata alam Banyuwangi. Sebab, daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer, yang ternyata menyimpan sejuta pesona yang luar biasa indahnya.

Wisata Alam Banyuwangi memiliki batas dengan selat Bali, kebanyakan pengunjung yang datang hanya sekadar lewat sebelum menyeberang ke Pulau Dewata. Jika sempat, cobalah untuk singgah sejenak dan mengeksplorasi kota kecil berjuluk "The Sunrise of Java" ini. Kawasannya cukup beragam, dari mulai dataran rendah sampai dataran tinggi, area pegunungan dan pantai, serta lokasi-lokasi bersejarah dan situs peninggalan zaman kuno lainnya.

Advertisement

Berikut daftar wisata alam Banyuwangi yang dilansir dari Traveloka.com:

1. Taman Blambangan

Rekomendasi wisata alam Banyuwangi yang pertama adalah Taman Blambangan. Tempat ini merupakan alun-alun kota yang kemudian dikembangkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) oleh pemerintah setempat. Diapit oleh empat jalan utama di Banyuwangi, yakni Jl. Wahidin Sudiro Husodo, Jl. Veteran, Jl. RA Kartini, dan Jl. Diponegoro, Taman Blambangan juga kerap disebut dengan nama Taman Gesibu Blambangan.

Area wisata ini bisa diakses secara gratis oleh pengunjung yang ingin menikmati suasana kota Banyuwangi. Taman Blambangan memiliki luas 32.000 m2 dengan pepohonan yang tertata rapi. Bisa dibilang, objek wisata ini adalah tempat rekreasi bagi warga lokal. Di sini, pengunjung akan menemukan berbagai fasilitas olahraga seperti lintasan lari, lapangan basket, dan area skateboard.

2. Pura Agung Blambangan

Selanjutnya, daftar wisata alam Banyuwangi adalah Pura Agung Blambangan. Tempat ini menjadi situs bersejarah peninggalan Kerajaan Blambangan yang ada di kawasan Alas Purwo, Banyuwangi Selatan. Pura ini memiliki corak Hindu yang menjadi magnet wisata religi bagi wisatawan tertentu. Terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Muncar, Pura Agung Blambangan juga menjadi salah satu tempat suci utama bagi umat Hindu di Indonesia. Tak hanya dari Jawa, pengunjung juga banyak berdatangan dari Pulau Bali saat hari raya Kuningan tiba.

Para turis baik domestik maupun mancanegara kerap menyambangi Pura Agung Blambangan karena tertarik akan struktur bangunannya. Pura ini adalah yang terbesar kedua setelah Pura Gunung Salak, dan merupakan yang terbesar di antara 92 pura lainnya di Banyuwangi. Saat mengunjungi pura, Anda harus memakai selendang untuk menghormati adat dan budaya setempat.

3. Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata alam Banyuwangi berikutnya yang patut dijelajahi adalah Kawah Ijen Banyuwangi, yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Masih termasuk ke dalam area Taman Wisata Ijen dengan luas 2.560 hektare (Ha), objek wisata ini terletak di puncak Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Tempat ini menjadi daya tarik utama para pengunjung yang datang. Terdapat fenomena api biru (blue fire) yang muncul di lokasi penambangan sulfur hanya saat pukul 05.00 WIB. Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit yang cahayanya memantul di permukaan air sehingga menimbulkan warna-warni yang cantik. Selain itu, panorama kemegahan Gunung Merapi, Gunung Raung, Gunung Rante, dan lainnya bisa terlihat jelas dari Kawah Ijen. Untuk bisa ke sana, Anda harus melakukan pendakian selama kurang lebih 2-3 jam dari Paltuding.

4. Desa Wisata Osing Banyuwangi

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement