Jerman Siap Mendukung Sanksi Uni Eropa Kepada Rusia

Image title
3 Mei 2022, 15:41
Uni Eropa
ANTARA FOTO/REUTERS/Michele Tantussi/RWA/dj
Ilustrasi, pengunjuk rasa anti perang membawa papan bertuliskan 'hentikan perang' di depan kekanseliran Jerman, setelah Rusia meluncurkan operasi militer besar atas Ukraina di Berlin, Jerman, Jumat (25/2/2022).

Uni Eropa tengah mempersiapkan sanksi kepada Rusia atas invasinya ke Ukraina, setelah pada Senin (2/5) Jerman, yang merupakan pelanggan energi terbesar Rusia, siap mendukung langkah sanksi kepada Rusia

Mengutip Reuters, Selasa (3/5), Komisi Eropa diperkirakan akan mengusulkan paket keenam sanksi Uni Eropa minggu ini terhadap Rusia atas invasi 24 Februari ke Ukraina, termasuk kemungkinan embargo untuk membeli minyak Rusia.

Sanksi terbaru yang akan dikeluarkan Uni Eropa ini memiliki potensi untuk melemahkan Rusia. Pasalnya, sanksi ini akan langsung menghantam minyak Rusia, yang selama ini menjadi andalan Moskow untuk mendanai invasi.

Keputusan akhir terkait sanksi ini baru akan diketahui usai rapat Komisi Eropa pada 4 Mei. Namun, Jerman, sebagai negara dengan perekonomian terkuat di Uni Eropa, telah menyuarakan dukungannya terhadap penjatuhan sanksi kepada Rusia. Hal ini diutarakan oleh Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck seusai mengikuti pertemuan Komisi Eropa pada Senin (2/5).

"Kami telah berhasil mencapai situasi di mana Jerman mampu menanggung embargo minyak," kata Habeck, dikutip dari Reuters.

Pernyataan lebih tegas dikeluarkan oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz, yang sebelumnya dikenal terlalu berhati-hati menanggapi invasi Rusia atas Ukraina. Ia berjanji, bahwa sanksi tidak akan dicabut sampai Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani kesepakatan damai dengan Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...