INA Bukukan Nilai Tertinggi Investasi SWF Global pada April 2022

Image title
3 Mei 2022, 12:05
Ilustrasi, Sovereign Wealth Fund (SWF). Bulan lalu, SWF dari Indonesia, yakni Indonesia Investment Authority atau INA membukukan investasi tertinggi di antara SWF di seluruh dunia, yakni US$ 2,7 miliar.
123RF.com/bee 32
Ilustrasi, Sovereign Wealth Fund (SWF). Bulan lalu, SWF dari Indonesia, yakni Indonesia Investment Authority atau INA membukukan investasi tertinggi di antara SWF di seluruh dunia, yakni US$ 2,7 miliar.

Indonesia Investment Authority (INA) tercatat membukukan nilai transaksi tertinggi di antara sovereign wealth fund (SWF) pada April 2022 menurut laporan Global SWF.

Mengutip Institutional Investor, Senin (2/5), laporan Global SWF melacak aktivitas investasi lebih dari 400 SWF di seluruh dunia, termasuk 169 dana kekayaan negara dengan aset kelolaan US$ 11 triliun dan 278 program pensiun publik yang memiliki aset US$ 22 triliun.

Bulan lalu, SWF di seluruh dunia tercatat membukukan investasi sebesar US$ 11,8 miliar atau Rp 171,31 triliun (kurs Rp 14.518 per dolar AS) dalam 51 kesepakatan. Jumlah ini turun dari US$ 27,1 miliar dan 68 kesepakatan yang dibukukan pada Maret 2022.

Dari total investasi SWF di seluruh dunia yang senilai US$ 11,8 miliar, INA menempari urutan teratas dengan besaran investasi US$ 2,7 miliar atau sekitar Rp 39,19 triliun, dalam infrastruktur domestik. Disusul oleh GIC Singapura yang menginvestasikan US$ 2,4 miliar dalam tujuh kesepakatan. Posisi berikutnya diduduki oleh Canada Pension Plan, Abu Dhabi Developmental Holding, dan Emirates Investment Authority .

Seperti diketahui, bulan lalu INA menjalin kerja sama investasi percepatan pembangunan dan pengembangan jalan tol dengan PT Hutama Karya (HK) dan PT Waskita Karya Tbk. Setidaknya akan ada lima ruas tol yang masuk dalam perjanjian tersebut.

Secara perinci, INA dan HK menandatangani Perjanjian Induk atau Heads of Agreement (HoA) untuk rencana investasi pada ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Tol Medan-Binjai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...