Zimbabwe Jajaki Kerja Sama dengan Bio Farma untuk Pengembangan Vaksin

Image title
22 Mei 2022, 13:15
farmasi
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Ilustrasi, kemasan vaksin COVID-19 diperlihatkan di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021).

Zimbabwe menjajaki kemungkinan kerja sama antara perusahaan farmasinya, NatPharm dengan perusahaan asal Indonesia, PT Bio Farma. Ini untuk mencapai tujuan sebagai hub vaksin dan obat-obatan di Afrika.

Mengutip bulawayo24.com, kemungkinan kerja sama ini diutarakan oleh Wakil Presiden Zimbabwe Constantino Chiwenga, yang juga merupakan Menteri Kesehatan dan Perlindungan Anak, di tengah kunjungannya ke pabrik Bio Farma. Di tengah kunjungan tersebut, ia menerima proposal kemungkinan kerja sama antara Bio Farma dan NatPharm.

Zimbabwe sendiri telah memproduksi obat-obatan, tetapi belum memasuki sub-sektor injeksi kritis dan cairan infus bervolume besar. Ini menjadi celah dapat ditutupi oleh kemitraan. Sementara, Bio Farma ingin mendapatkan pijakan di Afrika dan siap untuk melihat transfer teknologi sehingga manufaktur dapat dilakukan di benua tersebut.

“Sebagai Menteri Kesehatan, saya menyambut baik minat Bio Farma untuk bermitra dengan NatPharm, untuk memproduksi produk farmasi termasuk vaksin di Zimbabwe. Kami siap menerima Bio Farma di Zimbabwe untuk mendiskusikan proposal ini," kata Chiwenga, Sabtu (21/5).

Dalam kunjungannya ke pabrik Bio Farma, Chiwenga mengaku terkesan dengan kemampuan, serta pengalaman Bio Farma di bidang pembuatan vaksin dan obat-obatan. Ia juga terkesan dengan kemampuan Bio Farma memproduksi vaksin untuk campak, polio, hepatitis B dan vaksin pentavalent untuk keperluan rumah tangga, serta untuk WHO dan UNICEF.

Dalam proposal untuk bermitra dengan NatPharm, Chief Executive Officer (CEO) Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, perusahaan akan mentransfer teknologi ke Zimbabwe.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...