Sikapi Keamanan Kawasan, Jepang Ingin Hadiri Pertemuan Menhan ASEAN

Image title
22 Mei 2022, 15:10
Ilustrasi, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.
MOFAJapan_en/twitter
Ilustrasi, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Jepang sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pertemuan para menteri pertahanan (Menhan) dengan negara-negara Asia Tenggara atau Association of South East Asia Nation (ASEAN) pada akhir Juni di Kamboja. Pertemuan direncanakan berlangsung di sela-sela pertemuan Menhan ASEAN tahunan di Kamboja, yang akan dilangsungkan akhir Juni 2022.

Mengutip Kyodo News, Jumat (20/5), pertemuan dimaksudkan untuk membahas upaya melawan pelanggaran maritim yang dilakukan oleh Tiongkok selama beberapa tahun terakhir. Melalui pertemuan dengan Menhan negara-negara ASEAN, Jepang ingin menyoroti pentingnya menjaga ketertiban maritim berdasakan hukum internasional.

Sumber Kyodo News menyebutkan, Menhan Jepang Nobuo Kishi akan menyerukan penentangan terhadap segala upaya untuk mengubah status quo secara sepihak dengan paksa, dalam pertemuan dengan para Menhan ASEAN.

Jepang telah berusaha untuk meningkatkan hubungannya dengan negara-negara ASEAN di bidang pertahanan karena mereka terletak di wilayah strategis.

Hal ini dilakukan untuk menyikapi situasi Laut Cina Selatan, di mana beberapa anggota ASEAN memiliki sengketa wilayah dengan Tiongkok. Selain itu, pembicaraan yang akan diinisiasi oleh Jepang adalah soal pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara.

Jepang akhir-akhir ini memperlihatkan tanda menjauhi dari sikap pasifis usai Perang Dunia II. Ini terlihat dari usulan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada parlemen, untuk menaikkan anggaran pertahanan dari 1% menjadi 2%.

Lokasi Jepang menempatkannya di lingkungan keamanan yang semakin tidak stabil, yakni diapit oleh Tiongkok di selatan, Korea Utara yang memiliki senjata nuklir di barat dan Rusia di utara. Akibatnya, perang di Ukraina telah memicu perdebatan tentang keamanan nasional Jepang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mengutip CNN, Minggu (22/5), usulan peningkatan anggaran pertahanan ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan serangan balik. Usulan ini dipandang sebagai sebuah langkah yang menandai perubahan besar bagi Jepang, yakni menjauhi sikap pasifis yang sudah lama ada.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...