Aturan Masuk Indonesia Dilonggarkan, Bali Terbanyak Dicari Turis Asing

Image title
22 Mei 2022, 14:03
wisata
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Ilustrasi, wisatawan beraktivitas di Pantai Tanah Lot, Tabanan, Bali.

Situs penyedia platform pemesanan hotel Agoda menyebutkan Bali menjadi destinasi terbanyak yang dicari di Indonesia oleh wisatawan asing. Peningkatan pencarian ini disebabkan karena pemerintah Indonesia telah melonggarkan aturan masuk bagi wisatawan asing.

Mengutip mydroll.com, Sabtu (21/5), data yang dibagikan Adoga melacak pencarian sejak Februari, ketika Indonesia mengumumkan pembukaan kembali perbatasan, hingga awal Mei. Dari data tersebut, Bali menduduki posisi puncak dengan minat penelusuran tertinggi. Sementara, secara umum Indonesia berada di urutan ketiga, di bawah Thailand dan Filipina.

Data Agoda menunjukkan, jumlah pencarian atas Bali terbanyak dilakukan oleh wisatawan asal Australia, Amerika Serikat (AS), Singapura, Inggris, dan Korea Selatan. Peningkatan tertinggi dicatatkan oleh Australia, dengan jumlah orang yang menelusuri informasi wisata dan hotel di Bali meningkat 220%, diikuti dengan Singapura dengan peningkatan sebanyak 200%.

Senior Director Agoda Indonesia Gede Gunawan mengatakan, Bali masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan asing, karena memiliki pantai yang cantik, serta memiliki pesona budaya yang unik. Selain itu, jarak Bali dengan Australia dan Singapura yang relatif dekat juga menjadi pertimbangan utama.

"Pantai yang masih asli dan pesona budaya yang unik tidak diragukan lagi akan memikat wisatawan untuk kembali. Banyak yang masih menganggap Bali sebagai tujuan liburan surga dan ingin kembali ke sana sesegera mungkin," kata Gede.

Di Bali sendiri, Kuta dan Seminyak menjadi dua destinasi wisata yang paling banyak dilirik oleh wisatawan kala mencari di Agoda. Ketertarikan wisatawan terhadap dua wilayah ini tidak berubah dengan masa sebelum pandemi Covid-19. Selain Kuta dan Seminyak, wisatawan asing juga giat mencari informasi soal wisata dan hotel di kawasan Ubud dan Nusa Dua.

Platform pemesanan online, dan penyedia perjalanan bersiap untuk lonjakan permintaan dan pemesanan yang lebih besar dalam beberapa minggu mendatang. Pasalnya, pemerintah Indonesia telah melonggarkan persyaratan untuk masuk bagi wisatawan asing.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...