Pertama Sejak 45 Tahun, Tim Basket Indonesia Raih Emas SEA Games 2021

Image title
22 Mei 2022, 21:12
Ilsutrasi, sejumlah pebasket Indonesia berselebrasi usai mengalahkan Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam,ÊMinggu (22/5/2022). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 seh
ANTARA FOTO/Fauzi Saputra/app/wsj.
Ilsutrasi, sejumlah pebasket Indonesia berselebrasi usai mengalahkan Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam,ÊMinggu (22/5/2022). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 sehingga memastikan diri menjadi peraih medali emas dan sekaligus merupakan pertama dalam sejarah keikutsertaan tim basket Indonesia di SEA Games.

Tim basket putra Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas pada perhelatan SEA Games Vietnam 2021. Perjalanan tim basket putra Indonesia tergolong sempurna, setelah memetik enam kemenangan dari total tujuh peserta dalam sistem round robin.

Mengutip Antara, Minggu (22/5), medali emas didapatkan setelah Indonesia berhasil menumbangkan Filipina, yang merupakan juara bertahan. Pada laga final yang digelar di Thanh Try Gymnasium, Hanoi tersebut, Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 85-81.

Advertisement

Ini tergolong pencapaian yang fantastis, karena sejak ikut serta dalam nomor basket pada 1977, Indonesia belum sekalipun merasakan gelar juara. Indonesia hanya empat kali mendapatkan medali perak, dan tiga kali medali perunggu sepanjang keikutsertaannya.

Pada SEA Games 2019, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Filipina justru sebaliknya, merupakan langganan juara olah raga basket SEA Games. Sejak 1977 hingga 2019 Filipina sudah meraih 18 gelar juara. Negara ini hanya sempat melepas gelar kepada Malaysia pada 1979 dan 1989.

Tim basket putra Indonesia, yang diperkuat tiga orang pemain naturalisasi, Diagne Dame, Terrell Bolden Marques, dan Jawato Brandon kali ini tampil digdaya, dengan selalu unggul dalam setiap babak.

Indonesia sebetulnya sudah memastikan setidaknya medali perak SEA Games 2021 berkat lima kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dimainkan. Sebelum final, tim basket putra Indonesia menempati posisi kedua, tetapi tertinggal jauh dalam akumulasi skor dibandingkan Filipina, yang berada di puncak, meski keduanya sama-sama mengoleksi 10 poin.

Secara keseluruhan, tim bola basket putra Indonesia diperkuat 12 orang pemain yakni Juan Laurent, Michael Xzavierro Derrick, Lakudu Hardianus, Jawato Brandon, Darmar Grahita Abraham, Prastawa Dhyaksa Andakara, Saputera Yudha, Rivaldi Rosasih Vincent, Terrel Bolden Marques, Yeshe Goantara Agassi, Diagne Dame, Dikania Wisnu Arki

Sejak babak pertama, para pebasket Indonesia langsung tampil menekan dengan berupaya meruntuhkan benteng pertahanan lawan. Demikian juga lawan, yang juga menerapkan strategi yang sama. Namun, Indonesia dominan di sisi pertahanan, yang akhirnya membuat permainan babak pertama dapat dimenangi dengan skor 18-14.

Memasuki babak kedua, permainan Indonesia semakin agresif, dengan beberapa kali tembakan tiga angka sukses dilesakkan. Pada babak kedua ini, Indonesia pun berhasil unggul dengan skor 36-32.

Tertinggal empat angka, Filipina berupaya mengejar pada babak ketiga. Namun, upaya itu tidak mudah karena Indonesia tetap disiplin dalam bertahan. Benteng pertahanan Indonesia disebut semakin solid, karena dimotori Derrick dan Bolden yang tampil maksimal pada laga puncak tersebut.

Indonesia pun tetap berhasil unggul atas Filipina pada babak ketiga ini, dengan skor 63-60. Berbekal keunggulan itu, Indonesia semakin percaya diri melaju di babak penentuan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement