Menlu RI Serukan Upaya Mendorong Kerja Sama Bilateral ASEAN-India

Image title
18 Juni 2022, 07:29
ASEAN, India
Youtube/Sekretariat Presiden
Ilustrasi, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerukan perlunya mendorong peningkatan kerja sama antara negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan India.

Dalam pertemuan khusus Menteri Luar Negeri negara-negara ASEAN dan India yang diselenggarakan di New Delhi pada Kamis (16/6), Retno membahas empat isu kerja sama.

"Pertama, membangun bersama rantai pasokan makanan yang berkelanjutan dan tangguh untuk ketahanan pangan atau food security," ujar Retno, dikutip dari Antara, Sabtu (18/6).

Dalam hal ini, India dan ASEAN dapat bekerja sama dalam bidang penguatan kapasitas produksi, pengembangan teknologi pertanian, dan peningkatan infrastruktur pertanian.

Menlu RI juga mengusulkan penguatan kerja sama untuk menunjang ketahanan kesehatan di kawasan. Sebagai apotek dunia, India diharapkan dapat bekerja sama dengan ASEAN untuk membangun ketahanan kesehatan yang lebih kuat di kawasan.

Selanjutnya, Retno mendorong ASEAN dan India bekerja sama untuk menciptakan stabilitas dan perdamaian dengan membangun arsitektur kawasan Indo-Pasifik yang inklusif, saling menguntungkan, dan saling percaya.

"Keempat, saya tekankan pentingnya toleransi, moderasi, dan kerja sama interfaith dialogue. Kerja sama ini penting dilakukan jika kita ingin mendekatkan masyarakat kita yang memang sangat beragam," kata Retno.

Pertemuan Khusus Menlu ASEAN-India diselenggarakan untuk memperingati 30 tahun hubungan ASEAN dan India. India sendiri, menjadikan tahun ini sebagai tahun persahabatan ASEAN-India.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...