KSP Sebut Pelaksanaan Kartu Prakerja Sudah Sesuai Aturan

Image title
18 Juni 2022, 12:04
Kartu Prakerja
Antara
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo saat berdiskusi dengan alumni Kartu Prakerja bernama Pudensia di SICC, Bogor, Jumat (17/6). Foto: Antara.

Dalam kurun waktu dua tahun, program Kartu Prakerja dilaporkan telah menjangkau 12,8 juta orang. Jumlah tersebut tersaring dari 115 juta pendaftar, dan 84 juta yang terverifikasi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Edy Priyono mengatakan, capaian itu menjadi bukti bahwa pelaksanaan program Kartu Prakerja sudah dijalankan sesuai aturan.

"Baik itu Peraturan Presiden (Perpres), Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko Perekonomian), dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)," kata Edy, dalam keterangan resmi, Sabtu (18/6).

Seperti diketahui, pelaksanaan program prakerja diatur melalui tiga peraturan, Perpres Nomor 76 tahun 2020, dan Permenko Perekonomian Nomor 3 tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. Lalu, PMK Nomor 25/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pengalokasian, Penganggaran, Pencairan, Pertanggungjawaban Dana Kartu Prakerja.

Edy menegaskan, pemerintah terus bekerja untuk menyempurnakan program Kartu Prakerja, baik dari sisi teknis maupun tata kelola. Sehingga, program yang memberikan akses keterampilan pada calon pekerja tersebut benar-benar tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya.

Manfaat program Kartu Prakerja ini terlihat dalam survei evaluasi selama 2020-2022. Edy menjelaskan, program yang menjadi salah satu janji kampanye Presiden Joko Widodo tersebut, telah memberi tiga manfaat. Yakni, mengentas pengangguran, menjadi insentif untuk modal usaha, serta meningkatkan kompetensi, daya saing, produktivitas, dan kewirausahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...