KSP Upayakan Penyerapan Tenaga Kerja di KEK Tanjung Kelayang Maksimal

Image title
18 Juni 2022, 15:53
tenaga kerja, KSP, kawasan ekonomi khusus, KEK
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Ilustrasi, foto udara sejumlah wisatawan beolahraga stand up paddle di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung mampu menyerap tenaga kerja secara maksimal dan berkontribusi aktif dalam peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

Hal ini dipastikan melalui implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, salah satunya di KEK Tanjung Kelayang, yang memiliki karakteristik industri pariwisata.

Deputi III Kepala Staf Kepresidenan Panutan Sulendrakusuma mengatakan, pendidikan vokasi harus mewujudkan visi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni memastikan penyerapan tenaga kerja dengan mendorong kesesuaian dengan dunia usaha, dan dunia industri.

"KEK harus menyerap tenaga kerja maksimal, terutama dari siswa-siswi pendidikan vokasi yang terampil," kata Panutan, dikutip dari Antara, Sabtu (18/6).

Salah satu bentuk nyata upaya yang dilakukan KSP adalah, memfasilitasi kesepakatan kerja sama antara PT Belitung Pantai Intan dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung yang meliputi, pelatihan barista, pelatihan pembuatan kue, pelatihan selam, dan pelatihan house keeping.

Hal itu dilakukan, untuk mewujudkan kesesuaian tenaga kerja dan kebutuhan di KEK Tanjung Kelayang. Selanjutnya, KSP juga akan mendorong kesepakatan tersebut dapat dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...