Pertama dalam Tahun Ini, Harga Minyak Dunia Mingguan Turun Lebih 3%

Image title
9 Juli 2022, 07:30
harga minyak, minyak
Zukiman Mohamad/Pexels
Ilustrasi, kilang minyak lepas pantai.

Harga minyak naik sekitar 2% dalam perdagangan yang fluktuatif pada Jumat (8/7), tetapi masih menuju penurunan mingguan. Penurunan harga minyak mingguan disebabkan karena investor khawatir tentang potensi penurunan permintaan yang didorong oleh resesi, bahkan ketika pasokan bahan bakar global tetap ketat.

Mengutip Reuters, Sabtu (9/7), bank sentral di seluruh dunia menaikkan suku bunga untuk menjinakkan inflasi. Ini memicu kekhawatiran, bahwa kenaikan biaya pinjaman dapat menghambat pertumbuhan. Sementara, pengujian massal Covid-19 di Shanghai pekan ini, memunculkan kekhawatiran tentang potensi penguncian, yang juga dapat menekan permintaan minyak.

Pada akhir sesi perdagangan, minyak mentah jenis Brent naik US$ 2,37 atau 2,3%, menjadi US$ 107,02 per barel. Sementara, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 2,06 atau 2%, menjadi US$ 104,79 per barel. Kedua benchmark ini diperdagangkan di wilayah negatif, dan kemudian rebound dari posisi terendah.

Meski demikian, harga minyak membukukan penurunan mingguan. Brent tercatat turun 4,1%, sementara WTI 3,4%, menyusul penurunan bulanan pertama sejak November tahun lalu.

Penurunan harga terbesar terjadi pada Selasa (5/7), ketika harga Brent turun US$ 10,73 Brent. Ini merupakan penurunan harian terbesar ketiga kontrak minyak tersebut, sejak mulai diperdagangkan pada tahun 1988.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...