Kemenkes Matangkan 4 Aksi soal Pandemi untuk Sambut Pertemuan G20

Image title
9 Juli 2022, 08:10
G20, KTT G20, Presidensi G20
Setkab/Agung
Ilustrasi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

Berbagai kesiapan terus dimatangkan pemerintah jelang gelaran KTT G20 di Bali pada Oktober mendatang. Di bidang kesehatan, Kementerian Kesehatan akan fokus memperkuat empat hal untuk memastikan momentum pertemuan berjalan dengan aman dan sehat.

Keempat hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia pada Jumat (8/7).

"Saat ini berbagai persiapan kesehatan terus dimatangkan. Karena pada prinsipnya kami ingin memberikan rasa aman kepada para peserta G20," kata Menkes, dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (9/7).

Pertama, protokol kesehatan, di mana Kemenkes telah menyiapkan satu dokumen protokol kesehatan yang nantinya digunakan sebagai pedoman bagi para delegasi KTT G20.

Pedoman ini akan menjadi acuan pelaksanaan KTT, mulai dari kedatangan, selama acara, hingga kepulangan peserta. Saat ini pedoman masih dalam pengembangan, dan ditargetkan draft final akan rampung Agustus 2022.

Kedua, surveilans. Seiring munculnya Subvarian BA.4 dan BA.5 di Indonesia, Kemenkes melakukan penguatan surveilans guna mencegah kenaikan kasus Covid-19.

Penguatan tersebut dilakukan dengan memperkuat 3T, pemeriksaan antigen kepada setiap delegasi serta menyiapkan infrastruktur surveilans berupa alat mesin Whole Genome Sequensing (WGS) di Universitas Udayana, Bali untuk mempercepat pemeriksaan sampel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...