Minimalisir Risiko Kecelakaan, Bus Trans Jatim Dibekali Perangkat IoT

Image title
20 Agustus 2022, 08:44
Bus Trans Jatim
Dok. Instagram @transjatim01
Bus Trans Jatim

PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) membekali armada Trans Jatim dengan perangkat internet of things, yakni TKDN advance mobility (TAM) fleet. Penggunaan perangkat IoT ini, dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan pengguna angkutan, karena alat itu dapat meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

Mengutip Antara, Sabtu (20/8), melalui kerja sama ini TKDN menyediakan perangkat IoT pada armada Trans Jatim yang juga telah dibekali teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Advertisement

Beberapa teknologi AI ini dipasang pada beberapa komponen, yang meliputi MDVR, CCTV, driver safety monitoring (DSM), advanced driver assistance system (ADAS), indicator R-Watch, touch panel dan reverse camera.

"TKDN bekerja sama dengan Trans Jatim menyediakan alat-alat IoT, yaitu TAM fleet, yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi. Perangkat IoT ini terbukti meningkatkan keselamatan armada", ujar Presiden Direktur TKDN David Santoso dalam keterangan resmi, Sabtu (20/8).

Ia menambahkan, perangkat IoT seperti DSM dapat memberikan driver behavior analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Sementara, perangkat seperti ADAS dan indicator R-Watch dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan atau jika terjadi potensi tabrakan depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement