AS Kembali Kirim Senjata ke Ukraina, Kali Ini untuk Serangan Balik

Image title
20 Agustus 2022, 11:03
Ukraina, Amerika Serikat, AS, invasi Rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Gleb Garanich/foc/cf
Ilustrasi, sekelompok tentara Ukraina berpose di dekat jembatan yang hancur saat invasi Rusia ke Ukraina di kota Irpin di luar Kyiv, Ukraina.

Amerika Serikat (AS) kembali mengirimkan gelombang senjata dan peralatan yang dibutuhkan Ukraina untuk menghadapi serbuan pasukan Rusia. Kali ini, peralatan yang dikirimkan tak hanya untuk bertahan, melainkan untuk melakukan serangan balik terhadap pasukan Rusia.

Mengutip New York Times, Jumat (19/8), Departemen Pertahanan AS atau Pentagon dilaporkan mengirimkan sejumlah senjata dan perlengkapan perang senilai US$ 775 juta.

Pengiriman sejumlah senjata dan perlengkapan perang ini menggambarkan strategi ganda, yakni mendorong kemampuan pertarungan artileri Ukraina. Selain itu, senjata-senjata baru ini juga dimaksudkan untuk mendukung serangan balik di Kherson, wilayah selatan Ukraina.

New York Times melaporkan, pengiriman terbaru dari AS ke Ukraina ini mencakup 40 kendaraan lapis baja, yang dilengkapi dengan roller raksasa untuk membersihkan ladang ranjau sebelum operasi darat Ukraina. Lalu, 50 Humvee pengangkut pasukan lapis baja, 1.500 peluru kendali TOW dan 1.000 rudal anti-tank Javelin.

AS juga akan terus mengirimkan roket untuk peluncur HIMARS yang telah menghancurkan pos komando dan depot amunisi Rusia, dan artileri lain yang dirancang untuk mengganggu jalur pasokan.

"Pembersihan ranjau adalah salah satu perlengkapan yang dibutuhkan Ukraina untuk dapat mendorong pasukan mereka maju dan merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia," kata seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS, dikutip dari New York Times.

AS juga akan mengirimkan lebih banyak rudal anti radiasi berkecepatan tinggi, AGM-88 HARM, yang merupakan senjata udara-ke-darat yang dirancang untuk mencari dan menghancurkan radar pertahanan udara Rusia.

Teknisi militer AS telah menemukan cara untuk mengintegrasikan rudal AS pada jet tempur Ukraina untuk membantu mengalahkan salah satu ancaman terbesar bagi angkatan udara Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...