Progress Sudah 99%, PUPR Targetkan Showcase Mangrove Selesai Bulan Ini

Andi M. Arief
10 September 2022, 09:08
G20, KTT G20, mangrove, showcase mangrove, Kementerian PUPR
Katadata
Ilustrasi, jalur jalan Kepala Negara undangan KTT G20 di area showcase mangrove, Bali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menargetkan konstruksi area showcase mangrove selesai bulan ini. Infrastruktur tersebut, bertujuan untuk menunjukkan komitmen Indonesia terkait pengurangan emisi karbon kepada anggota G20.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Permukiman Bali Kementerian PUPR Sunarjito mengatakan, showcase mangrove akan menunjukkan 10 jenis mangrove. Selain itu, showcase tersebut akan menampung 2 juta bibit mangrove yang disediakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Kalau area showcase mangrove sudah 99%. Selain area utama, kami juga mengerjakan area mangrove information center, ini yang masih dalam proses pembangunan. Kalau di area showcase mangrove, kami akan selesai proses konstruksi pada September ini,"kata Sunarjito, di Denpasar, Jumat (9/9).

Saat ini, konstruksi mangrove information center baru mencapai sekitar 50%. Dengan demikian, total perkembangan konstruksi kawasan Mangrove Taman Hutan Rakyat (Tahura) Mangrove Bali secara keseluruhan baru mencapai 77%.

Sunarjito menjelaskan, showcase mangrove menjadi salah satu destinasi yang akan dikunjungi oleh para Kepala Negara undangan KTT G20. Kunjungan ini diagendakan dilakukan pada 16 November 2022 pukul 09.00-11.00 waktu Indonesia tengah (WITA).

Proyek showcase mangrove tersebut menelan anggaran hingga Rp 105 miliar. Kontraktor proyek yang mengerjakan proyek tersebut adalah PT Adhi Karya Tbk.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...