Menko Airlangga: RI Berpeluang Jadi Produsen Produk Halal Global

Image title
11 Desember 2022, 15:08
produk halal, halal, industri halal, Menko Airlangga, Airlangga Hartarto
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Ilustrasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) berbincang dengan pedagang bumbu dapur saat mengunjungi Pasar Flamboyan di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (25/11/2022).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia memiliki peluang besar menjadi produsen produk halal terkemuka di tingkat dunia.

Mengutip Antara, Minggu (11/12), Airlangga berpendapat, Indonesia mampu menjadi pasar terbesar produk halal dunia dengan memanfaatkan keuntungan bonus demografi dan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

“Indonesia sebagai rumah umat muslim terbesar, dengan jumlah penduduk 229,6 juta pada 2020, mempunyai pengeluaran umat muslim untuk produk dan layanan halal mencapai US$ 184 miliar dolar AS, dan diperkirakan pada 2025 menjadi US$ 281,6 miliar. Jadi, ini merupakan pasar yang besar,” ujar Airlangga.

Melihat besarnya potensi tersebut, Airlangga menyebut, perlu dilakukan repositioning agar Indonesia tidak hanya menjadi target pasar, namun mampu mendorong peningkatan produksi produk halal. Selain itu agar industri halal Indonesia mempunyai daya saing lebih dari negara lain di pasar global untuk mengejar potensi ekspor yang ada.

Dengan demikian, pihaknya akan terus mengakselerasi pengembangan industri halal nasional secara berkelanjutan untuk memenuhi permintaan dari dalam dan luar negeri.

Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2022, yang memberikan sosialisasi dan edukasi tentang industri halal di Indonesia.

“Kegiatan IHYA 2022 ini diharapkan bisa menjadi bentuk sosialisasi dan edukasi sekaligus sebagai pemicu dan pemacu industri dalam negeri,” kata Airlangga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...