Bio Farma Jamin Keamanan Data Pengguna Aplikasi Medbiz

Image title
21 Januari 2023, 09:00
aplikasi, farmasi, bio farma
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Ilustrasi, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir (kedua kiri) didampingi Dirut RSUD Padangpariaman, Jasnelli (kiri), Kadinkes Padangpariaman Aspinduddin (kedua kanan) dan Peneliti Utama Sentra FK Unand Asrawati (kanan) saat kunjungan Center Uji Klinis Fase 3 Vaksin COVID-19 BUMN, di RSUD Padangpariaman, Sumatera Barat, Selasa (12/07/2022).

Perusahaan farmasi PT Bio Farma menegaskan menjamin keamanan setiap data pengguna layanan aplikasi digital, yang tengah dikembangkan oleh perusahaan dalam rangka memperkuat ketahanan kesehatan nasional.

"Bisa dikatakan sistem keamanan Bio Farma salah satu yang terkuat sekarang ini," kata Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma Soleh Ayubi, dikutip dari Antara, Sabtu (21/1).

Ia menjelaskan, untuk pengamanan data layanan medis masyarakat yang dikelola di aplikasi ini, perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, menjalin kerja sama dan koordinasi yang erat dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selain itu, Bio Farma turut menggandeng perusahaan global seperti Google Cloud, Fitbit dan Connectedlife pada inisiatif kesehatan digital yang terbaru. Bio Farma juga mengimplementasikan aturan dalam UU Perlindungan Data Pribadi guna mencegah kebocoran data konsumen.

Ayubi menegaskan bahwa infrastruktur dan standar keamanan yang digunakan oleh Bio Farma, baik dari sisi produksi produk-produk farmasi dan layanan digital, telah sesuai dengan standar yang diakui secara global.

Ia menjelaskan, perusahaan memiliki tim defense dan offense, serta melakukan tes berulang pada keamanan siber. Dari tes yang dilakukan tersebut, Bio Farma tidak menemukan adanya kebocoran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...