Indonesia Dorong Penyelesaian Penyusunan Kode Etik Laut Cina Selatan

Image title
5 Februari 2023, 08:31
Laut Cina Selatan, ASEAN
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan hasil ASEAN Foreign Minister Meeting (AMM) Retreat 2023 dalam konferensi pers di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu (4/2/2023). AMM Retreat 2023 menghasilkan kesepakatan negara-negara anggota ASEAN menyikapi isu-isu terkini di kawasan dan luar kawasan Asia Tenggara, termasuk upaya damai penyelesaian konflik di Myanmar pasca-kudeta militer dan sengketa wilayah di Laut Cina Selatan.

Indonesia berencana mengintensifkan pembicaraan dengan Cina dan negara-negara Asia Tenggara terkait penyelesaian kode etik (code of conduct/COC) untuk Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Hal ini diutarakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam penutupan pertemuan antara para menteri luar negeri dari organisasi negara-negara Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Advertisement

"Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik menjadi pusat diskusi. Kami juga membahas tentang COC, terkait komitmen anggota untuk menyelesaikan negosiasi COC secepat mungkin".

Mengutip Reuters, Sabtu (4/2), negosiasi tentang COC, kerangka kerja yang diusulkan untuk membantu mengatasi sengketa teritorial dan maritim di jalur air, telah terhenti selama bertahun-tahun karena beberapa negara anggota memprioritaskan hubungan bilateral dengan Cina di atas konsensus regional.

Retno menjelaskan, Indonesia tengah mempersiapkan untuk menjadi tuan rumah putaran negosiasi COC tahun ini. Putaran negosiasi yang pertama, akan berlangsung pada Maret.

Sebagai informasi, Cina mengklaim yurisdiksi atas hampir seluruh wilayah Laut Cina Selatan, berdasarkan 'sembilan garis putus-putus' berbentuk U, meski batas yang diklaim tersebut diketahui tidak memiliki dasar hukum oleh Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag pada 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement