BMKG: Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diguyur Hujan saat Idul Fitri

Amelia Yesidora
22 April 2023, 10:41
BMKG
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/tom.
Ilustrasi, sejumlah warga duduk di tepian Sungai Kapuas yang diselimuti awan gelap di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (25/3/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memperkirakan hujan akan mengguyur berbagai kota besar di momen Idul Fitri 1444 Hijriah yang jatuh pada Sabtu (22/4). Pulau Sumatera didominasi hujan ringan hingga sedang, pulau Jawa didominasi hujan lebat, sementara Bali dan Nusa Tenggara cerah berawan. 

Dari info BMKG, hujan intensitas ringan bakal turun di Banda Aceh, Pekanbaru, dan Pangkalpinang, serta di Padang dan Bengkulu. Hujan intensitas sedang juga akan mengguyur Medan dan Tanjung Pinang. 

BMKG juga menginformasikan bagi warga di Sumatra bagian selatan seperti di Bandar Lampung, Palembang, dan Jambi harus waspada. Sebab, diperkirakan akan terjadi hujan disertai kilat dan petir.

Beranjak ke Pulau Jawa, hujan intensitas ringan akan terjadi di Serang, Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta. Bandung diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas lebat, sementara warga Surabaya diminta mewaspadai hujan disertai kilat dan petir.

Sementara, Bali dan Nusa Tenggara, diperkirakan akan cerah berawan. Hanya akan ada hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di Mataram dan Kupang.

Di Kalimantan, BMKG memperkirakan intensitas hujan tergolong ringan hingga sedang. Kota Palangkaraya dan Samarinda diguyur dengan intensitas ringan.

Sementara, Pontianak diperkirakan akan diguyur hujan intensitas sedang. Hujan disertai kilat dan petir akan terjadi di Banjarmasin. Di sisi lain, Tanjung Selor diperkirakan akan berkabut.

Selanjutnya ke Pulau Sulawesi, cuaca berawan diperkirakan akan terjadi di Gorontalo dan Kendari, kemudian hujan ringan di Makassar dan Manado. Kota Mamuju akan diguyur hujan intensitas sedang, sementara hujan disertai kilat dan petir akan melanda Palu.

Begitu juga halnya dengan Indonesia Timur, di mana hujan intensitas ringan diperkirakan akan mengguyur Ternate dan Jayapura. Sementara, hujan dengan intensitas diperkirakan terjadi di Ambon dan Manokwari.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...