Polri Akan Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Lebaran 2023

Image title
23 April 2023, 16:33
Arus Balik
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU
Ilustrasi, sejumlah kendaraan keluar Tol Solo-Ngawi melalui gerbang Tol Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (20/4/2023).

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, baik di jalur tol maupun jalur arteri, untuk mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 2023.

"Perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa, khususnya dari jajaran kepolisian untuk pengaturan (lalu lintas), baik di jalur tol maupun di jalur arteri," kata Sigit, dikutip dari Antara, Minggu (23/4).

Ia menjelaskan, sejumlah rekayasa lalu lintas yang dipersiapkan tersebut adalah one way dan contraflow. Selain itu, sistem ganjil genap juga kemungkinan akan diberlakukan.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengurai dan mendistribusikan beban jalan. Sebab, arus balik Lebaran 2023 diprediksi akan menjadi arus balik tertinggi sejak 2019.

Menurutnya, pemberlakuan langkah-langkah rekayasa, mulai dari one way, contraflow, dan juga kemungkinan ganjil genap, akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik bisa diurai dan didistribusikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...