KKB Papua Ancam Tembak PIlot Susi Air dalam Waktu Dua Bulan

Image title
28 Mei 2023, 09:45
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens di tengah KKB Papua
Reuters
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens di tengah KKB Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Papua mengancam akan menembak pilot Susi Air berkewarganegaraan Selandia Baru yang telah disandera sejak Feberuari lalu.

Mengutip The Independent, Philip Mehrtens diculik awal Februari tahun ini setelah dia mendaratkan pesawatnya di bandara Paro di dataran tinggi terpencil Kabupaten Nduga di Papua. Ia disandera oleh tentara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), sayap militan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam sebuah video baru yang dirilis pada hari Jumat (26/5), Mehrtens terlihat berbicara di depan kamera, mengatakan bahwa para separatis tersebut menginginkan negara-negara selain Indonesia untuk terlibat dalam dialog tentang kemerdekaan Papua.

"Jika itu tidak terjadi dalam dua bulan maka mereka mengatakan akan menembak saya," kata Mehrtens dalam video yang dibagikan oleh juru bicara pemberontak Papua Sebby Sambom dan diverifikasi oleh Deka Anwar, seorang analis di Institut Analisis Kebijakan Konflik yang berbasis di Jakarta.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengakui, saat ini pihaknya lebih memaksimalkan negosiasi agar KKB membebaskan sandera berkebangsaan Selandia Baru tersebut.

Fakhiri membenarkan berbagai upaya dilakukan TNI-Polri untuk menyelamatkan Pilot Susi Air Philip Mark Mehterns yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...