Jenazah Sarwono Kusumaatmadja Disemayamkan di Manggala Wanabakti

Image title
28 Mei 2023, 10:56
Sarwono Kusumaatmadja
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Ilustrasi, sejumlah pelayat memotret foto mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup (1993-1998) Sarwono Kusumaatmadja di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (27/5/2023). Sarwono yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (1988-1993) dan Menteri Eksplorasi Kelautan (1999-2001) tersebut wafat di Penang, Malaysia pada Jumat (26/5) serta akan dimakamkan di Karawang, Jawa Barat pada Minggu (28/5).

Jenazah Sarwono Kusumaatmadja disemayamkan di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta pada Minggu (28/5), sebelum dimakamkan di kompleks permakaman San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat.

Kendaraan yang membawa jenazah Sarwono tiba di Gedung Manggala Wanabakti pada pukul 08.59 WIB diiringi mobil-mobil yang ditumpangi oleh keluarga dan pejabat pemerintah.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong menyambut kedatangan jenazah Sarwono di depan pintu masuk Gedung Manggala Wanabakti. Jenazah Sarwono kemudian disemayamkan di Auditorium Soedjarwo di Gedung Manggala Wanabakti.

Pelayat secara bergantian melaksanakan shalat jenazah dan memberikan penghormatan terakhir untuk Sarwono, yang pernah menjabat sebagai menteri pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan Presiden Abdurrahman Wahid. Di antara pelayat yang datang ke Gedung Manggala Wanabakti ada mantan wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla.

Mantan Menteri pemerintahan Presiden Soeharto dan Abdurrahman Wahid, Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia pada Jumat (26/5). Ia wafat pada usia 79 tahun di Penang, Malaysia.

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua DPP Partai Golkar Christina Aryani. "Kami keluarga besar Partai Golkar merasakan duka cita mendalam atas kepergian tokoh sekaligus senior kami Bapak Sarwono Kusumaatmadja," kata Christina dalam keterangannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...