PLN Sudah Bangun 616 SPKLU untuk Menunjang Kendaraan Listrik

Image title
28 Mei 2023, 11:28
PLN
DOK PLN
Ilustrasi, stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN.

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Darmawan Prasodjo mengatakan, perusahaannya telah menyediakan sebanyak 616 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), yang tersebar pada 237 lokasi untuk menunjang pengendara kendaraan listrik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan infrastruktur pengisian daya untuk kendaraan listrik guna mendukung ekosistim kendaraan listrik," kata Darmawan, dikutip dari Antara, Minggu (28/5).

Advertisement

Menurutnya, ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sudah semakin terbentuk. Waralaba SPKLU pun ia katakan menarik minat pengusaha mall, perkantoran, ada juga warung makan ingin berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon.

Ia mengatakan, beralih ke kendaraan listrik menjadi pilihan strategis karena sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang utama emisi karbon di Indonesia dan kini pengguna kendaraan listrik sudah marak.

Sebagai gambaran, sebanyak satu liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1,5 kilowatt hour (kWh) listrik. Emisi karbon satu liter BBM tersebut, setara dengan 2,4 kilogram (Kg) CO2-e. Sedangkan 1,5 kWh listrik emisinya setara 1,5 kg CO2-e.

Ia juga meyakinkan, bahwa listrik yang disediakan untuk mengisi daya kendaraan juga akan semakin bersih, menyusul mulai dibangun pembangkit yang berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement