Pertemuan Tingkat Menteri IPEF Hasilkan Tiga Komitmen, Ini Rinciannya

Image title
28 Mei 2023, 11:33
IPEF
Kemenko Perekonomian
Ilustrasi, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo di sela pertemuan tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, AS pada Jumat (26/5).

Penyelenggaraan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) Ministerial Conference pada 26-27 Mei 2023 di Detroit, Amerika Serikat (AS) telah menghasilkan tiga komitmen dari negara-negara anggota.

Mengutip keterangan dari Departemen Perdagangan AS, negara-negara anggota IPEF menegaskan komitmen untuk berupaya menyusun perdagangan berstandar tinggi, inklusif, bebas, adil, dan terbuka yang dibangun di atas sistem perdagangan multilateral berbasis aturan.

Advertisement

Para negara anggota IPEF akan berusaha untuk mengembangkan pendekatan baru dan kreatif terhadap kebijakan perdagangan dan teknologi yang memajukan serangkaian tujuan yang luas dan yang mendorong kegiatan ekonomi dan menghasilkan investasi.

Kemudian, mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang tangguh, berkelanjutan, dan inklusif, dan menguntungkan pekerja, konsumen, masyarakat adat, komunitas lokal, perempuan, dan perusahaan, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Melalui negosiasi intensif para mitra IPEF selama beberapa bulan terakhir ini, mereka telah memajukan negosiasi menuju komitmen ambisi tinggi di seluruh pilar perdagangan.

Menyadari perbedaan tingkat pembangunan ekonomi dan kendala kapasitas, mitra pilar perdagangan berkomitmen mempertimbangkan fleksibilitas, jika sesuai, serta bekerja sama dalam menyediakan bantuan teknis dan peningkatan kapasitas. Para negara anggota mencatat bahwa kemajuan substansial telah dibuat sehubungan dengan teks bab Bantuan Teknis dan Kerjasama Ekonomi.

Para mitra berharap dapat melanjutkan pekerjaan mereka untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memperluas akses ke peluang bagi pekerja, perusahaan, dan masyarakat di pasar mereka, meningkatkan arus perdagangan dan investasi di antara ekonomi mereka, meningkatkan standar, dan mengurangi hambatan perdagangan.

Lalu, untuk pilar ekonomi bersih, para negara anggota IPEF menjajaki cara untuk mengejar tujuan iklim masing-masing. Bersama-sama, mereka akan memajukan kerja sama dalam penelitian, pengembangan, komersialisasi, ketersediaan, aksesibilitas, dan penerapan energi bersih dan teknologi ramah iklim, serta memfasilitasi investasi untuk proyek terkait iklim di wilayah tersebut.

Para negara anggota IPEF akan mencapai hal ini melalui menghubungkan pasar melalui kebijakan dan standar, memastikan bahwa energi berkelanjutan, tangguh, andal, dan terjangkau, serta mempromosikan barang dan jasa rendah dan nol emisi. Sejauh ini, para mitra IPEF telah mengajukan berbagai ide dan pendekatan inovatif untuk mempercepat transisi menuju ekonomi bersih.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement