Infomasi dan Layanan Aplikasi Kesehatan Kian Dicari Imbas Corona

Cindy Mutia Annur
23 Maret 2020, 14:20
Ilustrasi layanan konsultasi kesehatan terkait virus corona dari Halodoc di aplikasi Gojek
gojek
Ilustrasi layanan konsultasi kesehatan terkait virus corona dari Halodoc di aplikasi Gojek.

Pandemi corona yang kian meresahkan membuat beberapa aplikasi kesehatan makin marak digunakan oleh masyarakat, beberapa diantaranya adalah Halodoc, Alodokter dan Good Doctor Technology Indonesia.

Melalui tiga aplikasi ini, masyarakat diberikan berbagai opsi layanan yang mampu menghubungkan dengan layanan medis, baik konsultasi, maupun janji temu hingga pembelian dan pengantaran obat.

Keberadaan aplikasi dari startup kesehatan ini tak pelak mampu mempermudah masyarakat untuk memeriksakan diri ketika timbul keraguan mengenai kondisi kesehatannya, di tengah pandemi corona.

Tingginya kunjungan maupun interaksi yang terjalin antara layanan medis dengan masyarakat melalui aplikasi ini, tak ayal membuat tiga startup kesehatan ini digandeng oleh dua raksasa layanan on-demand, Gojek dan Grab. Kolaborasi yang tercipta adalah dengan memasukan layanan startup kesehatan dengan layanan dari Gojek dan Grab.

Berikut ini, beberapa layanan dari tiga startup kesehatan, yang bisa dimanfaatkan masyarakat di tengah pandemi corona saat ini.

Halodoc

Merespon pandemi corona, Halodoc telah berkolaborasi dengan Gojek dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk menggencarkan pemeriksaan virus corona secara massal atau rapid test.

Melalui kolaborasi ini, Gojek dan Halodoc merilis layanan konsultasi online (telemedicine) Check Covid-19, dengan dukungan 20.000 dokter yang tergabung dalam ekosistem Halodoc.

Layanan Check Covid-19 ini tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek dan pengguna bisa berkonsultasi terkiat gejala kesehatan yang dialami dan melakukan self-assessment atau pemeriksaaan mandiri terkait virus corona.

Apabila ada dugaan terinfeksi virus corona, dokter akan meminta pengguna menerapkan isolasi di rumah. Sementara, obat yang diresepkan akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna.

(Baca: Kunjungan ke Aplikasi Alodokter & Halodoc Naik 600% Efek Virus Corona)

Selain hadir di Gojek, Halodoc ini juga menawarkan empat fitur utama di platformnya. Pertama, Tanya Dokter, yakni fitur konsultasi dokter umum dan spesialis secara online, dengan harga per sesi konsultasi sebesar Rp 25.000 hingga Rp 50.000, untuk konsultasi berdurasi 30 menit sampai 1 jam.

Kedua, Beli Obat, yakni fitur untuk membeli obat dan vitamin, berkolaborasi dengan Gojek sebagai mitra untuk pengantaran pesanan obat melalui fitur GoMed. Transaksi untuk pembelian obat dilakukan melalui GoPay.

Ketiga, Rumah Sakit, yakni fitur membuat janji dengan rumah sakit dan dokter yang ingin dituju secara online. Keempat, yakni fitur untuk membuat janji dengan dokter spesialis yang dituju.

Sebagai informasi, Halodoc mencatat pencarian dengan kata kunci virus corona meningkat 600% sejak virus ini mewabah. Pasca-pengumuman kasus pertama di Indonesia, transaksi di platform yang masuk ekosistem Gojek itu pun melonjak dua kali lipat.

Alodokter

Selanjutnya, Alodokter, yang juga memiliki empat fitur layanan utama di platformnya, yakni Chat Bersama Dokter, di mana pengguna Alodokter dapat melakukan konsultasi terkait masalah kesehatan yang dialaminya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...