Tren Jual Beli Properti Bergeser ke Digital

Michael Reily
13 Mei 2019, 15:11
properti, jual beli properti, e-commerce
Stanisic Vladimir/123rf
Ilustrasi, penggunaan e-commerce. Dewasa ini e-commerce tak hanya untuk transaksi fesyen atau elektronik, tapi transaksi jual-beli properti pun sudah semakin meningkat.

OLX Indonesia mencatat minat masyarakat untuk transaksi jual beli properti via e-commerce semakin tinggi. Penggunaan platform digital sebagai pencarian informasi rumah atau apartemen serta perbandingan daftar pilihan untuk finalisasi transaksi.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim menyatakan jumlah iklan properti 335 rata-rata sekitar 335 ribu setiap bulan. Jumlah penjual mencapai 92 ribu pengguna dengan perbandingan 20% agen properti dan 80% penjual individu.

Volume pencarian properti setiap bulan pun mencapai 610 ribu dengan transaksi yang terjual sebanyak 72 ribu unit per bulan. Sehingga, porsi transaksi yang terjadi setiap bulan bisa mencapai 25% hingga 30%.

"Tren jual beli properti sudah bergeser ke online, ketika masyarakat punya keinginan atau kebutuhan beli rumah, mereka pasti akan cari secara digital," kata Ryan di Jakarta, Senin (13/5).

Data OLX untuk bulan April, jumlah iklan properti terbaru mencapai 404 ribu dari total keseluruhan ikan sebanyak 4 juta iklan. Sekitar 213 ribu iklan merupakan penjualan rumah dengan porsi iklan rumah murah sebanyak 32 ribu unit.

(Baca Juga: Wacana Pemindahan Ibu Kota, Pencarian Properti Palangkaraya Melonjak)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...