Transaksi OVO dan GoPay Melonjak Selama Pandemi Covid-19

Cindy Mutia Annur
21 April 2020, 08:48
Ilustrasi, salah satu merchant kuliner menyediakan layanan pembayaran seperti GoPay dan OVO. Dua platform pembayaran digital, OVO dan GoPay mencatatkan lonjakan transaksi sejak virus corona (Covid-19) mewabah di Indonesia.
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi, salah satu merchant kuliner menyediakan layanan pembayaran seperti GoPay dan OVO. Dua platform pembayaran digital, OVO dan GoPay mencatatkan lonjakan transaksi sejak virus corona (Covid-19) mewabah di Indonesia.

Platfrom pembayaran digital OVO dan GoPay mencatatkan lonjakan transaksi semenjak virus corona (Covid-19) mewabah di Indonesia awal Maret 2020.

Beberapa lini yang mengalami peningkatan siginifikan antara lain, belanja online, pembayaran tagihan listrik, pulsa, hingga pembelian voucher gim.

Advertisement

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, sejak pemerintah memberlakukan aturan pembatasan sosial (physical distancing) perusahaan melihat adanya perubahan perilaku yang signifikan dalam ekosistem layanannya.

"Misalnya, adanya peningkatan transaksi online commerce lebih dari 100% dan untuk lending (pinjaman) hampir 50% per akhir Maret lalu," ujar Karaniya kepada Katadata.co.id, Senin (20/4).

Lonjakan transaksi melalui platform digital ia pandang sebagai penegasan, bahwa pembayaran dan layanan keuangan digital memegang peranan penting menjaga laju aktivitas perekonomian masyarakat di saat krisis, seperti pandemi Covid-19 sekarang.

Head of Corporate Communications GoPay Winny Triswandhani mengatakan, perusahaan melihat adanya perubahan perilaku konsumen yang mulai bergeser ke platform online, terutama semenjak pemerintah mengimbau melakukan aktivitas di rumah selama pandemi Covid-19.

(Baca: Facebook Dekati Lagi GoPay dan OVO untuk Hadirkan WhatsApp Pay di RI)

Meski demikian, GoPay enggan membuka angka pasti kenaikan transaksi tersebut. Ia hanya mengatakan, kenaikan transaksi GoPay untuk pembelian di ranah online naik signifikan dalam kurun waktu kurang dari satu bulan terakhir.

"Termasuk di antaranya untuk pembayaran tagihan bulanan melalui GoBills, GoPulsa, voucher gim  dan belanja online lainnya," ujar Winny, Senin (20/4).

Selain belanja online serta pembayaran tagihan secara online, tren berdonasi digital melalui GoPay juga meningkat tiga kali lipat dibandingkan sebelum adanya pandemi tersebut.

Salah satu perubahan lain yang terlihat adalah, semakin banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang beralih menggunakan platform digital. Banyak UMKM  mendaftarkan usahanya ke GoShop, dan memanfaatkan pengantaran barang melalui GoSend.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement