Google Rilis Fitur Berbagi File Tanpa Koneksi Internet untuk Android

Fitur berbagi file bernama Nearby Share ini memungkinkan pengguna mengirim file maupun video tanpa koneksi internet dengan tingkat keamanan yang mumpuni.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
6 Agustus 2020, 10:55
Ilustrasi, logo Google LLC. Google meluncurkan fitur baru berbagi file tanpa koneksi internet untuk ponsel Android yang dinamakan Nearby Share.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo Google LLC. Google meluncurkan fitur baru berbagi file tanpa koneksi internet untuk ponsel Android yang dinamakan Nearby Share.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Google LLC meluncurkan fitur yang dinamakan Nearby Share untuk ponsel dengan sistem Android untuk berbagi file tanpa koneksi internet. Fitur ini mirip dengan fungsi AirDrop yang dikembangkan Apple Inc untuk iPhone dan Mac.

Associate Product Manager Google Daniel Marcos Schwaycer menjelaskan melalui fitur Nearby Share pengguna sistem operasi Android 6.0 atau di atasnya bisa berbagi gambar, tautan video maupun konten lainnya.

"Fitur ini memungkinkan pengguna mengurangi waktu mencari perangkat saat ingin berbagai file, karena dengan satu ketukan di layar langsung terlihat daftar perangkat di sekitar pengguna," kata Schwaycer, dalam blog resmi Google, Selasa (4/8).

Secara sederhana pengguna yang ingin membagi file atau video bisa menggunakan opsi atau menu share, yang diikuti oleh menu Nearby Share. Ketika pengguna memilih fitur tersebut, maka sistem akan mencari perangkat Android terdekat. Namun agar file bisa terkirim, perangkat tujuan juga harus mengaktifkan menu 'Nearby Share'.

Untuk memastikan keamanan, Google merancang agar Nearby Share hanya bisa dikirimkan ke perangkat yang sudah masuk dalam daftar kontak pengguna. Sehingga meski di sekitar pengguna ada yang mengaktifkan Nearby Share, file tidak bisa dikirimkan ke perangkat tersebut apabila tidak ada dalam daftar kontak.

"Kami merancang sistem pengamanan ini agar file hanya dapat dikirimkan ke orang-orang yang dipercayai oleh pengguna saja," ujarnya.

Selain sistem keamanan yang mumpuni, keunggulan Nearby Share adalah tidak membutuhkan koneksi internet melainkan menggunakan metode bluetooth, bluetooth, WebRTC atau Wi-Fi peer-to-peer.

Fitur tersebut mirip dengan apa yang dilakukan Apple pada AirDrop untuk perangkat iPhone dan Mac, yang mulai diperkenalkan sejak 2011 silam. Sejak saat itu, Google ingin mengembangkan teknologi serupa untuk berbagi file di ponsel dengan sistem operasi Android.

Rencananya Google tidak hanya akan menambahkan fitur berbagi file di Android saja, tapi dalam beberapa bulan ke depan akan mengembangkannya di Chromebook. Namun file tidak akan bisa dikirim apabila perangkat komputer itu menggunakan sistem operasi iOS, Mac atau Windows.

"Kami berencana untuk memperluas fitur ke platform tambahan di masa depan," ujar juru bicara Google dikutip dari The Verge pada Rabu (5/8).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait