Makin Diminati, Layanan Investasi Tokopedia Meningkat Selama Pandemi

Selama pandemi corona transaksi Tokopedia Emas meningkat hampir dua kali lipat sementara dana kelolaan di layanan Tokopedia Reksadana meningkat hingga 30%.
Cindy Mutia Annur
2 September 2020, 17:59
Ilustrasi, platform Tokopedia. Selama pandemi virus corona atau Covid-19, jumlah transaksi investasi Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksadana mencatat kenaikan signifikan.
tokopedia
Ilustrasi, platform Tokopedia. Selama pandemi virus corona atau Covid-19, jumlah transaksi investasi Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksadana mencatat kenaikan signifikan.

Kegiatan investasi di platform digital selama pandemi virus corona atau Covid-19 tercatat terus meningkat. Salah satunya dicatatkan oleh kanal investasi digital perusahaan rintisan (startup) e-commerce Tokopedia, yakni emas dan reksa dana yang makin diminati kalangan millenial.

Senior Lead Fintech Tokopedia Marissa Dewi mengatakan pada satu bulan pertama pandemi corona mewabah di Indonesia, perusahaan mencatat transaksi Tokopedia Emas meningkat dua kali lipat dibanding sebelumnya. Lalu, dana kelola di layanan Tokopedia Reksadana meningkat hingga 30% pada periode yang sama.

"Ketika adanya pandemi, kita menjadi sadar pentingnya punya tabungan dan investasi. Sehingga semakin banyak pula orang yang rajin bertransaksi emas dan reksadana. Itu terlihat dari peningkatan transaksi investasi di Tokopedia," ujar Marissa dalam video conference, Rabu (2/9).

Marissa menjelaskan melalui platform Tokopedia masyarakat bisa melakukan investasi mulai dari Rp 5.000 di fitur Tokopedia Emas dan Rp 10.000 di Tokopedia Reksadana. Perusahaan pun bekerja sama dengan Bareksa pada layanan reksadana dan Pegadaian pada layanan emas di platformnya, di mana kedua mitra tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Advertisement

Pada Tokopedia Reksadana, pengguna bisa melakukan proses pendaftaran dan pencairan dana hanya dalam hitungan menit, tanpa dikenakan biaya transaksi, serta bisa mendapatkan keuntungan hingga 6,5% per tahun dan terbebas dari biaya pajak. Pengguna bisa memanfaatkan fitur Dana Impian dan Langganan Reksa Dana untuk meningkatkan manajemen keuangan pengguna.

Sedangkan, Tokopedia Emas menghadirkan berbagai fitur seperti Pembulatan Emas, yang memungkinkan pengguna berbelanja sambil menabung emas dengan membulatkan nominal belanja pada halaman Checkout mulai dari Rp 500.

Ada pula Langganan Emas yakni fitur yang mempermudah pengguna mengatur pembelian emas secara harian, mingguan, maupun bulanan, misalnya pada hari gajian. Pengguna juga bisa berbagi saldo emas dengan orang terdekatnya melalui fitur Kado Emas.

Secara umum, pertumbuhan transaksi Tokpedia Emas tercatat mencapai 30 kali lipat sejak diluncurkan pada 2019. Sementara untuk reksa dana, sejak diluncurkan pada 2018 transaksinya melonjak hampir 27 kali lipat, dengan pertumbuhan jumlah pengguna yang sama besar.

"Tren ini ke dapan bakal terus meningkat apalagi saat di tengah pandemi corona, karena wabah ternyata membuat masyarakat semakin peduli terhadap pentingnya berinvestasi agar kelak bisa menyiapkan dana darurat jika diperlukan," kata VP of Fintech and Payment Tokopedia Vira Widiyasari.

Ia juga menjelaskan investasi emas dan reksadana di platform Tokopedia juga makin diminati millenial, berkat beberapa program edukasi yang cukup agresif dijalankan pihaknya. Segmen pengguna atau investor millenial ini banyak dari kalangan pelajar atau fresh graduate yang baru mulai belajar berinvestasi.

Emas sendiri menjadi pilihan karena komoditas ini merupakan produk investasi tradisional yang sejak lama menjadi primadona karena harganya yang cenderung naik. Sedangkan reksa dana pasar uang diminati karena memiliki risiko rendah dan keuntungan yang relatif tinggi.

“Penetrasi dua produk investasi ini pun menjadi ramah, terutama bagi para investor pemula," ujarnya.

Untuk mendorong masyarakat menabung dan berinvestasi, Tokopedia telah meluncurkan program "Rabu Nabung'. Melalui program ini, setiap Rabu pengguna Tokopedia yang membeli reksa dana melalui platformnya bisa memperoleh gift card hingga Rp 75.000, sedangkan untuk investasi emas bisa mendapatkan cashback hingga Rp 250.000.

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait