Generasi Muda dan Inovasi, Tema Hari Kekayaan Intelektual Sedunia

Image title
26 April 2022, 09:44
Ilustrasi, pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Milenial. Dalam perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada 26 April, tema pemuda dan inovasi diusung untuk mendorong generasi muda, terutama generasi Milenial dan Gen-Z untuk terus berin
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Ilustrasi, pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Milenial. Dalam perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada 26 April, tema pemuda dan inovasi diusung untuk mendorong generasi muda, terutama generasi Milenial dan Gen-Z untuk terus berinovasi.

World Intellectual Property Organization (WIPO) telah menetapkan 26 April sebagai Hari Kekayaan Intelektual Sedunia. Tujuannya adalah, untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana paten, hak cipta, merek dagang dan desain pada kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Hari Kekayaan Intelektual Sedunia juga ditetapkan untuk untuk merayakan kreativitas, dan kontribusi yang dibuat oleh pencipta dan inovator, untuk pengembangan masyarakat di seluruh dunia.

Setiap tahun sejak 2001 WIPO mencanangkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia dengan berbagai tema. Tahun ini, WIPO mengambil tema "Intelectual Property and Youth: Innovating for a Better Future".

Tema ini menjadi wujud pengakuan dunia internasional terhadap potensi besar kaum muda untuk menemukan solusi baru, dan lebih baik yang mendukung transisi ke masa depan yang berkelanjutan.

Intelectual Property and Youth: Innovating for a Better Future

Mengutip www.wipo.int, tema pemuda dipilih oleh WIPO karena organisasi ini melihat kaum muda secara global tengah melangkah ke tantangan inovasi. Selain itu energi dan kecerdikan, rasa ingin tahu dan kreativitas generasi muda diyakini mampu mengarahkan jalan menuju masa depan yang lebih baik.

WIPO menilai kaum muda memiliki sumber kecerdikan dan kreativitas yang luar biasa, namun sebagian besar belum dimanfaatkan. Perspektif segar, energi, rasa ingin tahu dan sikap "bisa melakukan", belum lagi rasa lapar kaum muda untuk masa depan yang lebih baik, telah membentuk kembali pendekatan dan mendorong tindakan untuk inovasi dan perubahan.

Oleh karena itu, Hari Kekayaan Intelektual Sedunia tahun ini akan digencarkan oleh serangkaian kampanye untuk menjembatani generasi muda agar mengetahui bagaimana hak kekayaan intelektual dapat mendukung tujuan mereka.

Kampanye yang akan dijalankan WIPO juga dimaksudkan untuk membantu mengubah ide generasi muda menjadi kenyataan, menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan dampak positif bagi dunia di sekitar mereka. Dengan hak kekayaan intelektual, kaum muda memiliki akses ke beberapa alat utama yang mereka butuhkan untuk memajukan ambisi mereka.

Oleh karena itu, sepanjang kampanye yang akan dijalankan WIPO, generasi muda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik. Pemahaman ini mencakup semua instrumen terkait hak kekayaan intelektual, seperti merek dagang, hak desain, hak cipta, paten, hak varietas tanaman.

Selain itu, kampanye yang akan diluncurkan oleh WIPO juga dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman generasi muda mengenai indikasi geografis, rahasia dagang, dan banyak lagi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...