Mengenal Profesi Selebgram, Definisi dan Perlakuan Perpajakannya

Image title
9 Januari 2024, 16:30
selebgram
Freepik
Ilustrasi, selebgram.
Button AI Summarize

Saat ini istilah selebgram pastinya tidak asing di telinga publik, terutama bagi mereka yang aktif di media sosial. Istilah ini merujuk kepada seseorang yang menjadi terkenal atau populer melalui platform media sosial Instagram.

Selebgram bisa berasal dari berbagai latar belakang, termasuk model, selebriti, ahli makanan, perancang busana, atau individu biasa yang mendapatkan ketenaran melalui konten yang menarik di Instagram.

Selebgram kerap bekerja sama dengan merek atau brand untuk mempromosikan produk atau layanan, dan kehadiran mereka di Instagram dapat memberikan pengaruh besar dalam hal tren dan preferensi di dunia maya.

Banyak online shop dan perusahaan besar menggunakan jasa seorang pengguna Instagram, yang memiliki follower banyak untuk mempromosikan produk. Dari sini, muncul istilah profesi baru, yakni selebgram.

Selebgram
Selebgram (Freepik)

Definisi Selebgram

Selebgram berasal dari kata "selebriti" dan "Instagram". Mereka yang dikatakan sebagai selebgram, adalah orang yang memiliki banyak pengikut pada akun Instagram-nya, yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau merek (brand).

Selebgram berasal dari berbagai latar belakang. Memang, banyak dari selebgram merupakan selebriti yang sudah mapan, baik di kancah seni tarik suara sebagai penyanyi, maupun senin peran sebagai aktor atau aktirs.

Namun, banyak juga selebgram yang memulainya dari nol, yakni orang yang sebelumnya biasa-biasa saja, alias orang yang tidak hidup diantara hingar bingar kepopuleran.

Biasanya, seseorang bisa dikatakan selebgram jika telah memiliki minimal 20.000 followers. Hal yang membuat mereka didaulat menjadi selebgram adalah orisinilitas konten.

Para selebgram yang merintis dari nol pasti memiliki konten yang menghibur, dan disukai banyak orang. Bisa juga karena memiliki konten yang serius, dan memanjakan mata penonton yang melihatnya. Apapun bentuk konten yang ditampilkan, setiap selebgram selalu memiliki ciri khas tersendiri, yang membuat mereka mencapai titik ketenaran.

Hal lainnya yang membuat kepopuleran seseorang di Instagram melejit, sehingga menjadi selebgram, adalah karena kedekatan yang lebih dalam dengan para followers-nya.

Kedekatan ini dapat dicapai berkat postingan kegiatan sehari-hari, serta konten yang ditampilkan. Selebgram juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa fitur yang tersedia seperti kolom komentar, direct message, polling, dan live.

Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya profesi selebgram antara lain:

1. Kemudahan Akses ke Teknologi

Perkembangan teknologi, khususnya perangkat seluler dengan kamera canggih, memudahkan orang untuk membuat dan membagikan konten visual dengan cepat dan mudah. Instagram sebagai platform berbagi foto dan video menjadi sangat populer karena kemudahan penggunaannya.

2. Jangkauan Global

Instagram memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Hal ini memberikan peluang bagi individu untuk mendapatkan pengikut dari berbagai latar belakang dan lokasi, menciptakan jangkauan yang luas.

3. Kemampuan Mendapatkan Uang

Dengan meningkatnya popularitas, para selebgram memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan dari berbagai sumber, termasuk kerjasama dengan merek, iklan, atau partisipasi dalam kampanye pemasaran. Banyak merek melihat nilai dalam bekerja sama dengan selebgram karena mereka dapat mencapai target audiens yang luas dan terfokus.

Selebgram
Selebgram (Freepik)

4. Daya Tarik Personal Branding

Selebgram sering kali membangun citra pribadi yang kuat dan khas di media sosial. Mereka menjadi ikon gaya hidup atau ahli di bidang tertentu, dan ini menarik perhatian pengikut yang ingin terinspirasi atau terhubung dengan gaya hidup dan minat yang serupa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...