Gelombang 3 Tutup Besok, Total Pendaftar Kartu Prakerja 8,6 Juta Orang

Tingginya pendaftar Kartu Prakerja mencerminkan informasi program telah dikenal luas, diiringi oleh kemudahan pendaftaran lewat situs Kartu Prakerja.
Image title
29 April 2020, 13:32
Ilustrasi, petugas membantu calon peserta mendaftar program Kartu Prakerja. Hingga Selasa (28/4) jumlah pendaftar Kartu Prakerja tercatat sebanyak 8,6 juta orang.
ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.
Ilustrasi, petugas membantu calon peserta mendaftar program Kartu Prakerja. Hingga Selasa (28/4) jumlah pendaftar Kartu Prakerja tercatat sebanyak 8,6 juta orang.

Memasuki gelombang ketiga, jumlah pendaftar program Kartu Prakerja makin meningkat. Hingga Selasa (28/4) malam, total jumlah pendaftar sejak gelombang pertama mencapai 8,6 juta orang.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, jumlah tersebut adalah data peserta yang telah mendaftar atau register di situs Kartu Prakerja.

Ia memandang, tingginya angka pendaftar Kartu Prakerja ini mencerminkan program telah diketahui luas oleh masyarakat. Selain itu, kemudahan pendaftaran secara online juga turut meningkatkan jumlah peminat Kartu Prakerja.

"Pendaftar Kartu Prakerja ini juga berasal dari berbagai daerah, bahkan ada pendaftar berasal dari pelosok, seperti wilayah Paniai, Papua," kata Denni, melalui video conference, Rabu (29/4).

Adapun, pada gelombang pertama jumlah pendaftar Kartu Prakerja yang diterima tercatat sebanyak 168.111 orang. Sementara, pada gelombang kedua jumlahnya pendaftar yang diterima meningkat menjadi 288.154 orang.

Jumlah pendaftar yang diterima pada gelombang pertama tercatat lebih rendah dari kuota, yakni 200.000 peserta. Penyebabnya, banyak pendaftar yang tidak lolos tahap verifikasi akhir, yaitu pengenalan wajah atau face recognition.

(Baca: Lampaui Kuota, Pendaftar Kartu Prakerja Capai 7,65 Juta Orang)

Sementara, pada gelombang kedua, jumlah peserta meningkat 71% dibandingkan dengan gelombang sebelumnya, seiring dengan hasil perbaikan dari gelombang pertama. Adanya perbaikan tersebut membuat kuota per minggu juga ditingkatkan.

Para peserta Kartu Prakerja gelombang kedua juga telah menerima dana sebesar Rp 3,55 juta pada akun virtualnya. Namun, dana tersebut tidak bisa langsung dicairkan sebelum peserta mengikuti pelatihan.

Untuk pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang ketiga akan ditutup pada Kamis (30/4) pukul 16.00 WIB. Masih banyaknya waktu untuk mendaftar ini menurut Denni, bisa dimanfaatkan bagi calon pendaftar yang sebelumnya kesulitan mengakses, untuk mendaftar saat server sepi.

Hingga Rabu (29/4), terdapat 2.000 jenis pelatihan yang disediakan oleh 233 lembaga pelatihan di delapan platform digital, yakni Ruangguru, BukaLapak, MauBelajarApa, Pintaria, Sekolahmu, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Sisnaker.

"Kami optimistis program Kartu Prakerja mampu menjangkau masyarakat secara luas, sehingga makin banyak masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas dirinya," ujarnya.

(Baca: Direspon Positif Masyarakat, Inilah Fakta Kartu Prakerja)

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait