Jalankan Relaksasi Saat Pandemi, BCA Turunkan Bunga Kartu Kredit

Selain menurunkan bunga kartu kredit, BCA juga turunkan batas minimum pembayaran dan beri keringanan denda keterlambatan pembayaran.
Image title
13 Mei 2020, 12:53
Ilustrasi, PT Bank Central Asia Tbk. BCA beri keringanan suku bunga, pembayaran minimum dan denda keterlambatan kartu kredit.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, PT Bank Central Asia Tbk. BCA beri keringanan suku bunga, pembayaran minimum dan denda keterlambatan kartu kredit.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengumumkan pemberian keringanan atau relaksasi kepada nasabah pemegang kartu kredit. Kebijakan ini dirilis untuk meringankan beban nasabah, serta mendorong transaksi non tunai.

Bentuk relaksasi yang diberikan antara lain, keringanan suku bunga, pembayaran minimum, dan denda keterlambatan kartu kredit. Pemberlakuan relaksasi ini dilaksanakan mulai 1 Mei hingga 31 Desember 2020.

"Sejalan dengan masa pandemi corona, BCA ingin mengarahkan agar masyarakat menggunakan transaksi non tunai dan mengurangi penggunaan uang tunai," kata Direktur Konsumer BCA Santoso, kepada Katadata.co.id, Rabu (13/5).

Dari sisi tarif dan biaya, keringanan yang diberikan berupa penurunan suku bunga pembelanjaan dan penarikan tunai, dari sebelumnya 2,25% menjadi 2% per bulan.

Advertisement

Kemudian, batas minimum pembayaran kartu kredit BCA juga dikurangi menjadi 5% dari total tagihan atau Rp 50.000 ditambah dengan transaksi cicilan. Sebelumnya, batas minimum ditetapkan sebesar 10% dari total tagihan.

(Baca: BCA Revisi Target Pertumbuhan Kredit Jadi 5-7% karena Terdampak Corona)

Relaksasi ini berlaku untuk pemegang kartu kredit jenis BCA Card, Smartcash (kecuali Suku Bunga Tarik Tunai), BCA Visa, BCA Mastercard, BCA JCB.

Selain itu, BCA juga memberikan relaksasi untuk pemegang Smartcash berupa penurunan suku bunga untuk belanja. Untuk pembelanjaan di gerai ritel, bunganya diturunkan dari 2,25 % menjadi 2% per bulan.

Sementara, untuk penarikan tunai bunganya tidak berubah, tetap 1,8%. Untuk transaksi tarik tunai menggunakan Smartcash, BCA menurunkan limit penarikan dari 40% menjadi 20%.

"Penurunan limit ini bukan karena kami kesulitan likuiditas, toh loan to deposit ratio (LDR) kami masih di bawah 80%. Melainkan, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, untuk mendorong transaksi non tunai," ujarnya.

Adapun untuk pemegang kartu BCA American Express, relaksasi yang diberikan adalah pengurangan denda keterlambatan, dari 2,2% menjadi 2% dari sisa tagihan.

(Baca: Cegah Penyebaran Corona, BCA Gratiskan Biaya Top Up GoPay)

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait