Jual Saham Secara Terbatas, Global Mediacom Bidik Dana Rp 140 Miliar

Image title
13 Agustus 2020, 21:16
Ilustrasi, Gedung MNC. Perusahaan MNC Group PT Global Mediacom Tbk berencana menggelar private placement pada 24 Agustus 2020 dengan target dana Rp 140 miliar.
Arief Kamaludin | KATADATA
Ilustrasi, Gedung MNC. Perusahaan MNC Group PT Global Mediacom Tbk berencana menggelar private placement pada 24 Agustus 2020 dengan target dana Rp 140 miliar.

PT Global Mediacom Tbk berencana melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu alias private placement pada 24 Agustus 2020. Melalui rencana tersebut, perusahaan membidik tambahan dana sebesar Rp 140 miliar.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Global Mediacom, rencana private placement ini telah mendapat pesetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar 11 Agustus 2020.

Advertisement

Global Mediacom berencana menerbitkan 700 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham dalam aksi korporasi ini. Sementara, harga pelaksanaan untuk private placement ini ditetapkan di level Rp 200 per saham.

Berdasarkan data RTI Infokom, total saham Global Mediacom tercatat sebanyak 15,33 miliar unit saham yang mayoritas atau 50,12% dipegang oleh PT MNC Investama Tbk. Sementara sisanya sebanyak 49,88% dipegang oleh masyarakat.

Di antara 49,88% kepemilikan saham di masyarakat, sebanyak 0,2% dimiliki oleh Komisaris Utama Rosano Barrack. Jumlah yang sama juga dimiliki oleh Direktur Utama Hary Tanoesoedibjo, sementara Direktur Indra Pudjiastuti memiliki porsi 0,14%.

Berdasarkan prospektus yang telah disampaikan Global Mediacom, perusahaan yang bergerak di bidang media dan investasi ini bakal menggunakan dana hasil private placement untuk memperkuat struktur permodalan. Hal ini sejalan dengan rencana perusahaan melakukan pengurangan tingkat utang.

Selain itu, dana ini juga digunakan untuk modal kerja pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari, antara lain untuk pembayaran gaji karyawan, utang usaha, pembiayaan kegiatan operasional, pembelian peralatan dan lain-lain.

Manajemen Global Mediacom mengatakan akan fokus meningkatkan pertumbuhan dan mempertahankan posisi sebagai perusahaan media papan atas di Indonesia.

"Walaupun masih terdapat tantangan kondisi perekonomian, kami tetap yakin dapat meningkatkan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham melalui strategi yang baik," kata manajemen Global Mediacom dalam prospektus.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement