Pemda DKI Diminta Perhatikan Gizi Warga dalam Penyaluran Bantuan PSBB

Image title
16 April 2020, 14:25
pemprov DKI jakarta, bantuan pangan, PSBB, pandemi virus corona
ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.
Ilustrasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mulai mendistribusikan bantuan pangan kepada warga sejak Kamis (9/4) atau sehari sebelum PSBB diberlakukan.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah mulai menyalurkan bantuan pangan kepada warga yang terdampak pandemi virus corona. Peneliti Indef Rusli Abdullah menyarankan pemerintah daerah untuk memperhatikan asuapan gizi masyarakat dalam bantuan yang diberikan. 

Menurut Rusli, bantuan yang diberikan sebaiknya tak hanya sebatas beras dan makanan instan. Warga perlu tetap mendapat asupan gizi yang baik untuk meningkatkan imunitas di tengah wabah yang tengah meluas. 

"Masyarakat jangan cuma disuruh makan beras dan mie instan," ujar Rusli kepada Katadata.co.id, Kamis (16/4).

Kebutuhan pangan seperti sayuran perlu dipastikan tetap tersedia bagi warga Jakarta selama masa PSBB. Untuk itu, Pemprov DKI perlu memperkuat koordinasi dengan daerah-daerah di sekitar untuk tetap dapat memasok bahan-bahan pangan. 

(Baca: Impor Bahan Baku Turun, Ekonom: Tanda Ekonomi Melambat)

"Perlu kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk memastikan daerah-daerah seperti Bogor atau Cianjur tetap bisa menanam dan panen, terutama tanaman-tanaman holtikultura seperti sayuran untuk memastikan kebutuhan pangan cukup," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...