Kasus Positif Corona AS Hampir 400 Ribu, Trump Ancam Tarik Dana di WHO

Agustiyanti
8 April 2020, 08:08
WHO, Trump, pandemi corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Joshua Roberts/aww/cf
Presiden AS Donald Trump mengancam akan menarik dana di WHO lantaran menilai organisasi ini gagal memberikan rekomendasi yang tepat penanganan wabah corona.

Presiden Donald Trump mengancam akan menarik dana dari Organisasi Kesehatan Dunia. WHO disebut gagal membantu AS dan menyalahkan organisasi tersebut atas jumlah kasus positif corona yang kini mencapai hampir 400 ribu.

"Kami akan melihat kembali uang yang sudah dikirimkan ke WHO. Kami akan menaruh genggaman penuh dan melihat bagaimana ke depan," ujar Trump dikutip dari South China Morning Post, Rabu (8/4).

Namun beberapa saat setelah memberikan pernyataan, Trump membantah akan memangkas pendanaan untuk WHO selama pandemi corona. Ia membantah telah membuat keputusan tersebut.

"Saya tidak mengatakan akan menarik dana, tetapi kami akan lihat. Kami akan menginvestigasi, kami akan melihat ke mana dana yang diberikan," kata dia.

(Baca: Korban Meninggal Corona di AS Bertambah 1.913, Perancis Tembus 10.000)

Trump menyebut WHO seharusnya mengetahui dan memberikan peringatan lebih awal terhadap pandemi corona. Dengan demikian, pemerintah AS dapat mengantisipasi lebih baik.

Ia juga sempat menyebut WHO gagal dan memberikan rekomendasi yang salah kepada AS dalam tulisan di akun Twitter resminya.

"WHO benar-benar gagal. Sebagian besar didanai AS, tetapi sangat Tiongkok-sentris. Beruntungnya, saya menolak saran mereka untuk menjaga perbatasan kita terbuka ke Tiongkok sejak awal, Mengapa mereka memberikan rekomendasi yang salah," tulis Trump dalam akun resmi Twitternya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...