Pandemi Corona, Banyak Orang Pilih Podcast Daripada Streaming Musik

Fahmi Ahmad Burhan
7 April 2020, 12:14
pandemi corona, virus corona, streaming musik, podcast
Instagram/@spotify
Ilustrasi Spotify. Mengacu laporan Counterpoint, orang-orang cenderung memilih mendengarkan podcast atau radio daripada layanan streaming musik seperti Spotify maupun Apple Music.

Riset Counterpoint memperkirakan pelanggan streaming musik tumbuh sekitar 25% di tahun ini, melambat dibanding pertumnbuhan tahun lalu sebesar 32%. Perkiraan ini dibuat lantaran banyak orang yang lebih memilih podcast atau radio dibanding streaming musik selama pandemi corona.

Penyebaran Covid-19 membuat banyak negara menerapkan lockdown dan pembatasan interaksi sosial (social distancing/physical distancing). Hal itu membuat orang-orang mencari hiburan dari layanan streaming, baik video, musik, atau layanan hiburan lain.

"Ketika Anda terjebak di rumah, musik menjadi salah satu pilihan yang memberikan rasa keteraturan di tengah kekacauan pandemi corona," dikutip CNET pada Senin (6/4). 

(Baca: Pengangguran di AS Melonjak, Netflix hingga Apple TV Gratiskan Layanan)

Meski demikian, mengacu laporan Counterpoint, orang-orang cenderung memilih mendengarkan podcast atau radio daripada layanan streaming musik seperti Spotify maupun Apple Music.

"Permintaan untuk saluran-saluran berita dan podcast ada kenaikan, sementara itu untuk streaming musik turun" kata Research Analyst Counterpoint Abhilash Kumar di laman Counterpoint pada beberapa waktu lalu (3/4). 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...