Pemerintah Minta Seluruh Warga Gunakan Masker saat Keluar Rumah

Agustiyanti
5 April 2020, 16:56
virus corona, pandemi corona, covid-19, masker, masker kain, kewajiban menggunakan masker
Youtube/BNPBIndonesia
Juru bicara penanganan nasional Covid-19 Achmad Yurianto saat menggelar konferensi video dari kantor BNPB, Minggu (5/4).

Pemerintah meminta seluruh warga untuk menggunakan masker saat keluar rumah guna mencegah penularan virus corona. Hingga Minggu (5/4) terdapat 2.273 kasus positif Covid-19 dengan jumlah kematian mencapai 198 orang.

"Mulai hari ini, sesuai rekomendasi WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker," ujar Juru bicara penanganan nasional Covid-19 Achmad Yurianto di kantor BNPB dalam konferensi video, Minggu (5/4). 

Advertisement

Penggunaan masker, menurut dia, penting karena banyak kasus positif virus corona tanpa gejala yang mungkin berada di tengah masyarakat. Ini membuat penularan dapat terjadi tanpa disadari. Selain penggunaan masker, kebiasaan cuci tangah juga menjadi hal yang krusial. 

"Sebagian dari kita juga tidak menyadari kita rentan sehingga belum jaga jarak, masih belum menggunakan masker, masih ada yang belum rajin cuci tangan," terang dia. 

(Baca: Positif Corona RI Naik jadi 2.273 Kasus, Pasien Sembuh Capai 164 Orang)

Kendati demikian, Yurianto menekankan bahwa masker bedah dan masker N95 hanya untuk digunakan oleh petugas kesehatan. Masyarakat diminta menggunakan masker kain saat beraktivitas di luar rumah. 

"Kami sarankan penggunaan masker tidak lebih dari 4 jam, kemudian dicuci dengan sabun. Ini upaya mencegah penularan karena di luar kita tidak tahu banyak yang berpotensi menularkan," kata dia. 

Ia juga meminta masyarakat untuk menunda rencana berpergian jika tak mendesak. "Bukan hanya ke kampung, tetapi juga rumah teman dan kerabat. Kita harus lindungi siapa pun termasuk orang tua dan saudara," ungkapnya. 

Jumlah kasus positif  hingga Minggu (5/4) mencapai 2.273 orang, bertambah 181 orang dibandingkan hari sebelumnya. Sebanyak 198 orang meninggal dunia, sedangkan 164 orang berhasil sembuh dari Covid-19. 

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement