Masker Kain 70% Efektif Tangkal Corona, Berikut Panduan Penggunaannya

Agustiyanti
5 April 2020, 14:53
masker kain, masker kain tiga lapis, panduan masker kain, pandemi corona, virus corona, covid-19
Youtube BNPB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberikan paparan terkait penggunaan masker dan disinfektan dalam pencegahan penularan virus corona di kantor BPNP dalam konferensi video, Minggu (5/4)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat umum untuk menggunakan masker kain tiga lapis saat terpaksa berpergian ke luar rumah. Berdasarkan hasil penelitian, masker tersebut 70% efektif mencegah penularan virus corona

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan penularan virus corona terjadi melalui droplet atau percikan cairan yang keluar dari mulut/hidung penderita. Virus kemudian ditularkan lewat mata, hidung, dan mulut yang dibawa oleh tangan akibat tak sengaja menyentuh droplet tersebut.

"Kurang lebih 95% penularannya melalui ini. Maka dari itu, penggunaan masker kain dan cuci tangan sangat penting," ujar Wiku dalam konferensi video di kantor BNPB, Minggu (5/4). 

Saat ini, menurut dia, terdapat tiga jenis masker yakni masker kain, masker bedah, dan masker N95. Masyarakat umum disarakan untuk menggunakan masker kain. Sedangkan tenaga kesehatan yang kontak dengan pasien harus menggunakan alat pelindung diri berupa masker bedah atau N95. 

"Masker N95 hanya digunakan khusus tenaga medis yang menangani pasien dengan infeksi corona," jelas dia. 

(Baca: Mulai Hari Ini, Penumpang TransJakarta, LRT dan MRT Wajib Pakai Masker)

Masker kain yang digunakan sebaiknya memiliki tiga lapisan sehingga lebih efektif menangkal droplet yang menjadi cara penularan virus. Masker tersebut dapat dibuat sendiri dengan dijahit secara manual atau menggunakan mesin.

"Cara pembuatan masker tersebut harus disesuaikan dengan wajah dan menutupi hidung hingga dagu, serta tidak longgar," terang dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...